Apakah Tahap Merangkak Harus Dilalui?

photo

Sekarang ini banyak sekali perdebatan di antara para pakar kesehatan anak, psikolog anak, dan para orang tua mengenai apakah tahap merangkak itu penting untuk dilalui atau tidak. Ada pihak yang mengatakan bahwa tahap merangkak itu penting untuk dilalui sebelum anak mulai berjalan karena bagus untuk kognitif dan motorik anak, sebaliknya ada pihak yang mengatakan bahwa tidak masalah jika tahap merangkak dilompati dan anak langsung berjalan karena tidak ada bukti yang menunjukkan adanya masalah apabila tahap merangkak dilompati.

Dari berbagai artikel yang telah saya baca, saya belum mendapatkan jawaban yang pasti karena setiap artikel kukuh memberikan pandangannya masing-masing mengenai masalah merangkak ini. Namun, secara pribadi saya lebih condong untuk mendukung anak agar merangkak terlebih dahulu sebelum lancar berjalan. Saya yakin setiap tahap dan kemampuan anak itu memiliki manfaatnya masing-masing, lagipula dari berbagai artikel yang telah saya baca tersebut, belum ada yang menyebutkan manfaat positif dari tidak merangkak sedangkan manfaat positif dari merangkak banyak sekali. Selain itu, beberapa artikel menyebutkan kerugian dari tidak merangkak sedangkan belum ada yang menyebutkan kerugian dari merangkak. Jadi, lebih baik kita melakukan hal yang banyak manfaatnya kan?

Banyak dokter dan terapis anak yang sepakat bahwa orangtua harus mendorong anaknya untuk merangkak walaupun hanya sebentar. Mengapa? Sebab bukti menunjukkan bahwa merangkak memiliki peranan yang penting dalam perkembangan anak, khususnya dalam hal kekuatan, keseimbangan, keselarasan tulang belakang, kemampuan visual-spasial, dan kemampuan sosial-emosional.

Menurut terapis Anne H Zachry, merangkak memiliki peranan yang sangat besar dalam perkembangan motoris anak. Ketika merangkak, anak harus menggunakan kaki dan lengannya untuk mengangkat tubuhnya dari lantai. Selagi melawan gravitasi dengan bergerak, otot pada tubuh, bahu, lengan, kaki, dan tangan anak menjadi semakin kuat. Merangkak juga berperan dalam membentuk lengkungan pada tulang belakang, yang penting untuk fungsi tulang belakang pada masa mendatang.

Merangkak juga dapat mengembangkan kemampuan visual. Simak penjelasannya di halaman berikut!