Bagaimana Menghadapi Anak Indigo?

Indigo-Child

Dulu, sewaktu SMP saya punya teman yang pendiam sekali. Dia hanya mau terbuka dan berbicara pada teman-teman terdekatnya saja, sama teman-teman lain yang tidak dekat ia akan menjadi pemalu dan pendiam sekali. Awalnya saya pikir ia suka malu-malu dan pendiam seperti itu karena ia adalah siswa baru di sekolah saya. Namun, ternyata di tahun kedua sekolah ia masih saja seperti itu. Hingga suatu hari ada teman saya yang lain  memberi tahu saya bahwa teman saya itu adalah seorang anak indigo. Memang sih ia sangat encer otaknya, tetapi terus terang waktu itu saya belum mengerti tentang indigo, jadi respon saya adalah “Hah emang iya? Anak indigo tuh kayak apa sih emangnya?”

Saya lupa apa jawaban teman saya waktu itu, tetapi sampai sekarang sebenarnya saya belum paham betul apa itu indigo, jadi sepertinya waktu itu jawaban teman saya kurang memuaskan hahaha. Lalu apa ya indigo itu dan bagaimana ciri-cirinya? Serta bagaimana ya cara orangtua yang memiliki anak indigo dalam menghadapi anaknya?

Anak indigo adalah anak yang memiliki kemampuan khusus seperti kemampuan meramal, sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar mereka, jauh lebih bijaksana dibandingkan anak-anak seusianya, dan haus akan pengetahuan. Menurut pengarang buku The Indigo Children, anak indigo memiliki beberapa ciri-ciri tertentu:

  • Sangat pintar dan memiliki tujuan hidup yang jelas.
  • Lahir di dunia dengan perasaan istimewa (terkadang bertingkah seperti anak istimewa).
  • Terlihat antisosial kecuali saat bersama dengan teman-teman yang memiliki keistimewaan yang sama. Oleh karena itu, sekolah dapat menjadi tempat yang sulit bagi mereka untuk bersosialisasi.
  • Mereka tidak akan malu dalam memberitahu keinginan mereka.
  • Seringkali memiliki energi yang sangat banyak.
  • Terkadang mereka tidak mau melakukan suatu hal tertentu, misal baris di dalam antrean.
  • Merasa frustrasi terhadap situasi yang serba teratur dan tidak membebaskan mereka untuk berpikir kreatif.
  • Terkadang mereka menemukan cara lain yang lebih baik untuk melakukan suatu hal.

Para ahli kesehatan mental mengemukakan bahwa anak indigo terkadang sulit dihadapi, terutama jika mereka tidak diperlakukan dengan benar.

Samakah indigo dan ADHD? Bagaimana menghadapinya? Simak di halaman selanjutnya ya!


Post Comment