Kiat Menumbuhkan Sikap Rendah Hati Pada Anak

3pics

Setiap orangtua pasti menginginkan anak yang rendah hati, apalagi anak yang percaya diri tetapi rendah hati. Masalahnya, terkadang orangtua hanya mengutamakan percaya dirinya saja dan melupakan aspek rendah hatinya. Sehingga tidak jarang kan kita lihat anak yang percaya diri tetapi memiliki sikap sombong? Lalu, apa ya yang harus dilakukan orangtua agar anaknya tumbuh menjadi anak yang percaya diri sekaligus rendah hati?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah contohkan sikap rendah hati kepada anak. Steve Mesmer, pendiri The Art of Living Counseling Center, mengatakan bahwa anak selalu memerhatikan segala hal. Contohnya, ketika orangtua menahankan pintu untuk orang yang lebih tua, menjadi relawan untuk melatih sebuah tim, menunjukkan kasih sayang kepada pasangannya, dan berbicara dengan baik-baik kepada pelayan ketika mereka melakukan kesalahan dengan pesanannya. Jadi, menurut beliau kerendahan hati dimulai dari rumah, khususnya dari orangtua.

Langkah kedua, terlibat dalam aktivitas membantu orang lain. Mulai saja dari hal sederhana, seperti meminta anak menyumbangkan baju atau bukunya yang sudah tidak terpakai untuk korban banjir, menolong teman yang jatuh, membantu teman yang kesulitan dalam pelajaran, dsb. Aktivitas tersebut dapat menunjukkan kepada anak bahwa menjadi rendah hati dengan membantu orang lain bukanlah kelemahan.

Langkah ketiga, bermain peran atau menggunakan boneka tangan untuk mengajarkan sikap rendah hati. Buat situasi yang menuntut sikap rendah hati dan tampilkan dalam peran atau gunakan boneka tangan untuk mencontohkannya.

Masih 3 langkah yang bisa Mommies lakukan untuk mengajarkan anak bersikap rendah hati. Simak poin selanjutnya di halaman berikut, ya!


Post Comment