Kiat Artika Sari Devi Merawat Kulit Bayi

Yakin, deh, semua ibu khususnya ibu baru pasti sangat concern dengan masalah kulit bayinya. Rasanya, sudah jadi rahasia umum, ya, kalau kulit bayi yang baru lahir itu nggak cuma lembut, tapi juga sangat sensitif. Makanya, menjaga kesehatan kulit merupakan keharusan, termasuk ketika memilih segala perlengkapan dan kosmetik untuk bayi baru lahir.

Kalau nggak? Duh, kebayang deh, masalah yang akan timbul. Terlebih buat mereka yang punya riwayat alergi kulit. Meskipun saya dan suami nggak mengalami alergi, bukan berarti Bumi, anak saya bisa terbebas dari masalah kulit. Biar bagaimana pun masalah kulit juga bisa timbul dari faktor eksternal.

Berbagai bahan kimia, parfum, tungau, detergen bahkan beberapa produk perawatan kulit yang nggak tepat untuk bayi bisa menyebabkan iritasi kulit, kulit kering, atau menimbulkan kemerahan pada kulit bayi. Mau nggak mau, kita kita dituntut harus bisa memilah mana perawatan kulit bayi yang tepat dan tidak. Malah kalau bisa, sebelum beli kita sudah mengumpulkan berbagai bukti secara ilmiah lebih dulu.

Ngomongin masalah kulit bayi yang begitu sensitif, saya jadi ingat cerita Artika Sari Devi. Waktu mengikuti acara jumpa pers ‘Dari Kandungan Ke Dunia’, saya sempat ngobrol dengan ibu dua orang anak ini. Waktu itu, Mantan Puteri Indonesia ini cerita kalau dirinya ternyata punya masalah kulit, dermatitis atopic. Sebuah penyakit kulit, atau peradangan kronik kulit yang kering dan gatal yang umumnya dimulai pada awal masa anak-anak.

IMG_7878

Apa yang ia khawatirkan pun ternyata jadi kenyataan. Alergi pada kulit tersebut ia turunkan pada puteri sulungnnya, Sarah Abiela Ibrahim (4,5) atau yang biasa di sapa Ebie. Makanya, sejak Ebie lahir Artika mengaku sangat selektif dalam memilih produk yang akan digunakan anaknya, terutama pakaian dan kosmetik bayi.

Bahkan katanya, karena merasa bersalah sudah menurunkan bakat dermatitis atopic tersebut, Tika sampai memutuskan menggunakan air mineral ketika memandikan puterinya. “Namanya juga ibu baru, ya…. jadi awal-awal itu khawatir banget, panik. Jadi waktu itu Ebie harus mandi pakai air mineral pakai sabun yang memang khusus dermatitis atopic,” ungkapnya sambil tersenyum.

Saking detailnya, Tika juga bilang kalau ia dan suaminya sangat hati-hati ketika memilih bahan pakaian untuk anaknya.Simak cerita lengkapnya di halaman berikut, ya!