How to Deal with Teens?

Helpless parents with teenager

Mommies memiliki anak yang sudah masuk SMP atau berusia 13 tahun? Maka… Congrats! Berarti Mommies sudah menjadi orangtua dari anak remaja yang dunianya complicated! Haha, tapi tenang saja sebenarnya nggak segitu memusingkannya kok jadi orangtua dari anak remaja asal tau tips and tricknya  ;)

Sebenarnya remaja itu memusingkan karena mereka sudah ingin emansipasi dan tidak ingin dikekang lagi oleh orangtuanya, nah karena ingin emansipasi tersebut maka akhirnya mereka sering terkesan membangkang dan tidak hormat pada orangtuanya. Selain itu, mereka juga sering merasa bahwa orang dewasa tidak menghargai mereka. Namun, percaya deh anak remaja tetap membutuhkan orangtuanya kok dan mereka sendiri juga menyadari itu.

Selama masa remaja, orientasi dari para remaja bergeser dari keluarga ke teman-teman sebaya. Selama transisi tersebut, remaja mencari orangtuanya untuk membuat keputusan-keputusan penting sedangkan untuk masalah selera berpakaian, film, acara TV, dan lagu, mereka akan mengikuti teman-teman sebayanya. Namun, untuk masalah rencana pendidikan dan tujuan masa panjang, orangtua memiliki pengaruh yang lebih besar. Selain itu, seringkali remaja merefleksikan sudut pandang orangtuanya saat mereka berinteraksi dengan temannya.

Nah sekarang untuk orangtuanya, nih.

Tugas apa saja ya yang dimiliki oleh orangtua dalam menyonsong tahap baru dari kehidupannya ini? Lihat di halaman selanjutnya ya!


Post Comment