Balita Tertarik Pada Lawan Jenis?

Seperti biasa, setiap malam setelah pulang kerja saya selalu membiasakan untuk tidak melewatkan sesi curhat bersama Bumi. Momen ini sih biasanya kami habiskan untuk cerita ngalor ngidul. Kalau saya, paling cerita seputar hal-hal yang menyenangkan yang baru  dilewati. Sedangkan Bumi, ceritanya nggak akan jauh-jauh dari keseruan di sekolah dan bermain. Tapi, kok, belakangan ini setiap kali cerita Bumi sering banget menyebut beberapa nama teman perempuannya, ya. Bahkan, pernah suatu kali Bumi sempat ngomong, kalau salah satu teman perempuannya sangat cantik. “Dia cantik, ya, ibu…. Bumi suka, deh.”

Oooo….. ooooo….. anak  saya yang usianya 4 tahun 3 bulan sudah bisa nunjukin rasa tertarik dengan lawan jenisnya? Serius, nih? Jujur saja, waktu denger cerita Bumi perasaan saya campur aduk antara lucu, geli, dan degdegdegan.

BumiWaktu saya tanya, apanya yang bikin temannya terlihat cantik, dengan enteng Bumi jawab, “Ya… cantik aja, sih, Bu. Masa ibu nggak tau cantik itu apa, sih?” Iiih… pengen saya jitak, deh, rasanya, hahhaha! Bahkan, kalau saya ajak jalan bareng temen-temen saya, Bumi sudah bisa kasih komentar mana tante yang cantik mana yang nggak.

Waktu bulan puasa kemarin, saya juga sempat ngabuburit buat nyalon. Karena cuma mau hair spa, saya pun mengajak Bumi. Eh… waktu lagi antre, Bumi juga sempat-sempatnya dia bilang…

Bumi : “Ibu,  sini deh, Bumi mau bisikin Ibu sesuatu”

Saya : “Mas Bumi mau ngomong apa, kok, pakai bisik-bisik?”

Bumi : “Itu, lho, Ibu…. tante yang duduk di sebelah Ibu itu cantik banget ya?”

Saya :  “Iya, tantenya cantik”

Bumi  : “Tantenya cantik. Lebih cantik dari Ibu”

Saya : *facepalm*

Ternyata apa yang saya rasain ini juga dialami beberapa Mommies yang lain. Terbukti waktu acara #MDLunch bulan lalu dengan topik Underwaar Rules bersama Intan Erlita, banyak Mommies yang curhat colongan mengenai hal ini. Salah satu yang paling saya ingat, Vina, salah satu member Mommies Daily, cerita kalau putri sulungnya yang kini berusia 5 tahun sering terlihat malu-malu kalau ada teman Mama atau Papanya yang sedang main ke rumah. “Terutama kalau teman Mama Papanya yang ganteng, deh. Wah… langsung jadi kelihatan malu-malu, gitu,” urainya sambil tertawa.

Wajarkah kondisi ini? Lihat penuturan psikolog keluarga Intan Erlita dan Anna Surti Nina di halaman selanjutnya, ya!