Si Kecil Kursus Bahasa Inggris, Perlu Nggak Sih?

Buat saya, membiarkan anak nonton televisi nggak melulu merugikan. Tapi ya itu, kita sebagai orangtua harus selektif memilih tayangan yang tepat. Program sinetron, hiburan kurang mendidik, atau tayangan yang cenderung mengekslopitasi anak-anak  sudah tentu saya coret dari daftar. Selain itu, tentu saja memberikan batasan kapan saja boleh nonton televisi.

Bukannya mau ngecilin program yang ada di televisi swasta, sih. Kenyataannya, memang sampai saat ini program yang oke buat anak-anak belum terlalu banyak. Makanya saya dan suami sama-sama sepakat buat langganan TV berbayar. Setidaknya, menurut kami program anak-anak di TV berbayar jauh lebih banyak. Lagi pula hitung-hitung, ngenalin Bumi dengan Bahasa Inggris lah.

english_kids

Mungkin banyak Mommies yang sudah sering dengar cerita kalau banyak balita yang mulai belajar Bahasa Inggis lewat tayangan TV berbayar. Bahkan di antara mereka tau-tau sudah bisa melontarkan kalimat dalam Bahasa Inggris. Seperti yang dialami kakak sepupu saya yang kaget ketika mengetahui Rasya, anaknya, lancar ngomong Inggris. Padahal, sekolahnya nggak bilingual. Les Bahasa Inggris pun nggak.

Setelah ditelisik dan ditanya langsung ke anaknya, rupanya kosakata Bahasa Inggris diketahuinya lantaran sering nonton program anak-anak di TV berbayar. Mungkin salah satu contoh program yang layak ditonton adalah Sesame Street. Seperti yang sudah Cahyu ceritakan di artikel ini acara ini memang bermanfaat untuk perkembangan anak balita.

Saya sendiri sudah merasakan dampak yang serupa. Paling nggak, di usia 4 tahun, Bumi nggak cuma kelihatan tertarik belajar Bahasa Inggris. Ia pun sudah hafal beberapa kosakata. Pernah suatu ketika Bumi bilang ke saya, “Bu, kita ke up, yuk!”. Maksudnya, Bu, kita ke atas, yuk. Kebetulan kamar kami memang ada di lantai atas. Sesekali, kalau mau minta minum Bumi pun bilang, “Bu, Bumi mau drink.” Hahaha…. walaupun bahasa inggrisnya masih sepotong-sepotong, tapi nggak apa-apalah, ya. Yang penting Bumi sudah berani mencoba.

Setiap hari, rasanya ada saja kosa kata Bahasa Inggris yang selalu ia tanyakan. Hingga pada suatu hari Bumi pun sempat bilang ke saya kalau mau belajar Bahasa Inggris. Iya, Bumi pernah ngomong kalau dia mau belajar Bahasa Inggris. Tapi namanya juga anak-anak, ya…. sekarang ngomong A belum tentu besok ingat pernah ngomong begitu. Permintaan Bumi pun akhirnya nggak saya tanggapi. Lagian, apa iya anak balita seusia Bumi sudah perlu kursus Bahasa Inggris?

Terus terang, saya ini termasuk ibu-ibu yang nggak mau mencekoki anak dengan berbagai les. Saya percaya, anak-anak balita seusia Bumi harus diisi dengan sesuatu yang menyenangkan, yang sifatnya lebih ke arah bermain. Bukan les ini itu, termasuk les bahasa. Jangan sampai, deh, Bumi merasa dunianya terenggut. Lah wong, saya saja yang masa SD-nya banyak dihabiskan untuk les sering merasa jenuh. Bagaimana dengan Bumi yang masih 4 tahun?

Kenyataannya, permintaan Bumi untuk les Bahasa Inggris ternyata nggak cuma keluar satu dua kali saja. Saya sama suami saja sampai kaget. Beneran, nih, Bumi mau belajar bahasa Inggris? Ujung-ujungnya,sekarang saya dan suami sedang merasakan ‘Dilema Orangtua Masa Kini’. Bingung menentukan apakah keinginan Bumi harus ditanggapi dengan serius, atau dianggap angin lalu saja.

Sebelum menentukan apakah Bumi sudah perlu ikutan les Bahasa Inggris, saya pun mulai membuat list plus minusnya lebih dulu. Termasuk membaca beberapa artikel yang memberikan informasi mengenai hal ini. Mau tau, dong apa saja sih kelebihan kalau si kecil les Bahasa Inggris? Lengkapnya di halaman berikut, ya!


2 Comments - Write a Comment

  1. Meskipun baby baru 10 bulan…saya mulai nimbang2 nih mba…mau kasih pendidikan apa ke anak saya…alternatif yang murmer yaaaa di kasih tontonan bahasa inggris terus aja kali yaaaa,hehehehe nanti kalo udah segede Bumi baru mau saya lesin deh…EF emang juaranya (mantan anak EF soale :D)

    1. Iya, Mbak… ya, nggak mungkin juga kan baby 10 bulan dikasih les, hahahahaa… memang sih, untuk tontonan yang pakai Bahasa Inggris, cepet banget diterima sama anak-anak. Dongengin buka cerita yang pakai Bahasa Inggris juga, ok, ya…

      Berhubung mood anaknya lagi pengen les, emang mau trial di sana sini, nih. Siapa tau ada yang cocok :D

Post Comment