Zona Bermain Dan Belajar Untuk Anak Penderita Kanker

photo 1 (768x1024)

Beberapa waktu lalu Mommies Daily diundang oleh METRO Department Store untuk menghadiri peresmian “Zona Bermain dan Belajar” di graha YOAI (Yayasan Onkologi Anak Indonesia). Selama kunjungan tersebut saya merasa terenyuh sekali melihat anak-anak penderita kanker. Walaupun mereka memiliki penyakit yang sangat berat, mereka tetap terlihat bahagia seperti anak-anak pada umumnya.

Graha YOAI merupakan rumah singgah bagi anak-anak penderita kanker yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk tinggal selama menjalani pengobatan maupun perawatan di Jakarta. Saat ini Graha YOAI dapat menampung 10 keluarga (1 pasien dan 1 atau 2 pendamping). Keluarga yang ingin tinggal di sana akan dikenakan biaya 5000 per hari per keluarga. Di sana mereka akan mendapatkan fasilitas dapur di mana mereka dapat memasak makanannya sendiri dan kendaraan yang akan mengantar mereka ke RS dan sebaliknya.

Acara peresmian kemarin dimulai dengan sambutan dari Assistant General Manager Marketing METRO Department Store, Ibu Anskarina Christin. Menurutnya, ada 3 tahap kerjasama antara kedua belah pihak. Tahap pertama sudah dijalankan pada saat Hari Kanker Anak Internasional 16 Februari 2014 lalu. Pada tahap pertama tersebut dilakukan kampanye “ Jakarta Sehat Untuk Anak Kanker”, yang diisi dengan kegiatan Funwalk & Funbike. Kemudian peresmian “Zona Bermain dan Belajar” di Graha YOAI kemarin ini merupakan tahap kedua.

photo 4

“Area bermain dan belajar di dalam sebuah rumah singgah menjadi sarana bagi penghuni untuk tetap ceria selama mereka menjalani pengobatan. Apalagi kami sadar, dibutuhkan waktu pengobatan yang cukup panjang untuk seorang anak penderita kanker hingga dinyatakan sembuh. Donasi berupa ruang berikut perangkat bermain juga belajar ini, kami harap mampu membuat anak-anak beserta pendamping mereka merasa betah layaknya rumah di sendiri.” Ujar ibu Karin.

Ada beberapa barang yang didonasikan oleh METRO Department Store untuk mengisi “Zona Bermain & Belajar”, antara lain 4 unit komputer, XBOX beserta televisi, rak-rak buku dan mainan, dan beberapa buku pengetahuan. Untuk di luar ruangan “Zona Bermain & Belajar”, METRO juga mendonasikan beberapa barang lainnya seperti playhouse, keyboard musik, sound system, dan aquarium hias.

Selanjutnya Ibu Rahmi Adi Putra Tahir selaku Ketua YOAI bercerita mengenai Graha YOAI. Di sini, secara berkala diadakan pertemuan antara survivor, pasien, psikolog, dan dokter, serta pertemuan bagi para orang tua dan survivor. Mereka juga memberikan konseling, sharing perasaan dan pengalaman antar pasien dan keluarganya melalui program Family Supporting Group, pelatihan dan pembekalan relawan kanker anak yang tergabung dalam Family Supporting Group, latihan kegiatan formal dan informal bagi pasien dan survivor.

Graha YOAI juga banyak dibantu oleh para relawan baik dari dalam maupun luar negeri. Saat ini saja sudah ada 250 orang yang mendaftar di website YOAI untuk menjadi relawan. Para relawan tersebut bebas membantu apa saja sesuai kemampuan mereka, misalnya mengawasi anak bermain internet, membersihkan rumah, dll.

Dengan adanya komunitas anak kanker tersebut, anak penderita kanker jadi memiliki semangat hidup yang tinggi. Salah satu pengurus YOAI menceritakan ada anak yang menderita kanker tulang yang sudah kehilangan tangannya menjadi PD dan ceria lagi karena sering berkumpul dengan teman-teman komunitas atau anak penderita kanker mata yang memiliki semangat hidup sangat tinggi karena bergabung di komunitas tersebut.

Alamat Graha YOAI:

Jl. Kemuning No. 15 RT 001/05

Jati Pulo, Palmerah, Tomang

Jakarta Barat

Telp/Fax: 021 6506969

Email: grahayoai@yoaifoundation.org atau info@yoaifoundation.org

 


Post Comment