banner-detik
BREASTFEEDING

Benarkah Stres Dapat Menghambat ASI?

author

cahyu0314 Aug 2014

Benarkah Stres Dapat Menghambat ASI?

breastfeeding-1

Sepupu saya kemarin baru saja bercerita bahwa anaknya yang baru lahir diberi susu formula secara full karena ASI sang ibu tidak dapat keluar. Padahal ini anak keduanya dan dulu ia dapat memberikan ASI secara full kepada anak pertamanya. Sepupu saya ini juga mengatakan bahwa ia sudah makan dalam porsi banyak dan memakan daun katuk yang katanya dapat memperlancar ASI.

Saat saya menceritakan hal tersebut kepada ibu saya, respon ibu saya adalah “Duh kasihan.. Pasti si Eneng stres itu.” Memang sepupu saya ini sudah lama menganggur dan dengan memiliki dua anak maka biaya yang dibutuhkan pasti semakin banyak. Persoalan finansial memang dapat menjadi sumber stres yang sangat besar. Saya pun sependapat dengan ibu saya, karena memang selama ini sering sekali saya dengar kalau busui sedang stres produksi ASInya akan sedikit.

Nah ternyata saya menemukan artikel di babycenter.com yang mengatakan sebaliknya! Menurut artikel tersebut, stres memang dapat memperlambat keluarnya ASI, tetapi selama ibu tetap menyusui bayinya maka ASInya tidak akan berhenti. Nah lho! Baca selengkapnya di halaman selanjutnya ya!

breastfeeding2Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa menyusui dapat mengurangi emosi negatif dan stres. ASI mengandung hormon oxytocine. Hormon oxytocine yang dilepaskan ke dalam aliran darah dapat memberikan efek menenangkan. Dapat disimpulkan bahwa seorang ibu yang sedang stres dan menyusui bayinya akan menjadi lebih rileks dan saat ia sedang rileks ASI-nya akan lancar kembali, dan karena ASI distimulasi oleh hisapan bayi maka ASI ibu akan tetap keluar jika ia tetap menyusui bayinya.

Ada beberapa kiat yang saya dapat dari breastfeeding-problems.com tentang cara mengurangi stres bagi busui, antara lain:

  • Terkadang berpelukan dengan bayi dapat membantu. Atau bisa juga dengan menyanyikan lagu kepada bayi. Kedua cara tersebut dapat membuat sang ibu dan bayi rileks dan memperlancar ASI.
  • Mengemil sebelum menyusui. Ibu yang dehidrasi atau memakan makanan yang tidak sehat lebih mudah merasa cemas. Makanan yang sehat untuk dikonsumsi saat menyusui adalah gandum, sayuran, dan protein.
  • Pilih tempat yang nyaman untuk menyusui. Pilih tempat yang tenang dan sedikit gangguan.
  • Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh menjadi rileks dan ASI menjadi lancar.
  • Terkadang melakukan aktivitas lain yang menyenangkan sembari menyusui dapat membuat tubuh menjadi rileks.
  • Tidur yang cukup. Waktu tidur yang cukup dapat mengurangi stres.
  • Olahraga. Hormon endorphine yang keluar saat melakukan olahraga dapat mengurangi stres.
  • Melakukan meditasi dan diterapi untuk merilekskan tubuh.
  • Curhat dengan keluarga dan teman. Utarakan perasaan kepada mereka atau tuliskan perasaan tersebut di tempat yang nyaman.
  • Cari dan lakukan hobi yang dinikmati
  • So don’t let your stress and worries hold you back from breastfeeding your babies.. Just enjoy it and your breast milk will flow and your body will glow! :D

    PAGES:

    Share Article

    author

    cahyu03

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan