Benarkah Stres Dapat Menghambat ASI?

breastfeeding-1

Sepupu saya kemarin baru saja bercerita bahwa anaknya yang baru lahir diberi susu formula secara full karena ASI sang ibu tidak dapat keluar. Padahal ini anak keduanya dan dulu ia dapat memberikan ASI secara full kepada anak pertamanya. Sepupu saya ini juga mengatakan bahwa ia sudah makan dalam porsi banyak dan memakan daun katuk yang katanya dapat memperlancar ASI.

Saat saya menceritakan hal tersebut kepada ibu saya, respon ibu saya adalah “Duh kasihan.. Pasti si Eneng stres itu.” Memang sepupu saya ini sudah lama menganggur dan dengan memiliki dua anak maka biaya yang dibutuhkan pasti semakin banyak. Persoalan finansial memang dapat menjadi sumber stres yang sangat besar. Saya pun sependapat dengan ibu saya, karena memang selama ini sering sekali saya dengar kalau busui sedang stres produksi ASInya akan sedikit.

Nah ternyata saya menemukan artikel di babycenter.com yang mengatakan sebaliknya! Menurut artikel tersebut, stres memang dapat memperlambat keluarnya ASI, tetapi selama ibu tetap menyusui bayinya maka ASInya tidak akan berhenti. Nah lho! Baca selengkapnya di halaman selanjutnya ya!


5 Comments - Write a Comment

  1. menurut saya tipikal ibu2 berbeda, ada yg memang tahan banting dan ada yg memang sangat mudah dipengaruhi stres. jika ibu2 termasuk yg tahan banting ya alhamdulillah, namun tidak bisa mengesampingkan ada ibu yg mudah dipengaruhi stres dan berakibat pada melambatnya ASI keluar. artikel ini menjelaskan bahwa jangan sampai ibu yg stres lalu berhenti menyusui bayinya. Jadi alangkah baiknya untuk tidak beranggapan bahwa ada ibu yang ASI nya sedikit. Semua ibu pasti mau ASI nya melimpah, betul?.

  2. iya betul sekali mbak. Memang maksud dari artikel ini adalah stress memang dapat memperlambat keluarnya ASI tetapi tidak menghentikan ASI sama sekali, jadi Mommies jangan menyerah untuk menyusui bayinya. iya mbak sangat betul, semua ibu pasti ingin ASInya melimpah. Terima kasih ya mbak untuk remindernya, maaf kalau ada salah2 kata :)

Post Comment