Yang Tidak Saya Suka Dari Menyusui..

..kurang tidur, lapar melulu, badan pegal karena harus tidur menghadap salah satu sisi, dijadiin empeng, kalau mau tidur nggak bisa seenaknya karena ada manusia lain yang tergantung sama kita, harus memerah ASI, minum jus pare, buka bra di depan bidan dan dipijat-dilihatin ASI-nya ada apa nggak, nyusuin di depan umum, menyapih…

Ada yang mau nambahin daftar hal apa yang nggak disukai saat menyusui?

10012009(001)*Iya, ini lagi nyusuin, begitu ibunya ngomong si bayi langsung melotot dan ikut dengerin lagi ngomong apa *sigh*

Perjuangan menyusui saya memang nggak terlalu berat. Alhamdulillah lancar, walaupun memang not as easy as 1-2-3 juga.

Siapa sih yang suka lagi enak-enak tidur tau-tau ada bayi nangis minta disusui? Si Bayi enak, digendong, dipeluk, disusui. Lah kita ngantuk-ngantuk, harus bangun, nyesuain posisi, belum lagi kalau suami nggak ikut bangun *tendang guling* haha.

Sampai beberapa saat lalu, bahu kanan saya sempet agak bergeser karena saat menyusui dulu saya selalu menghadap kanan. Rasanya? Ih, nyebelin! Sudah selesai masa menyusui saja masih nggak enak dibawa tidur lho!

Sebelum punya anak, saya anti banget makan pare! Tau-tau saya harus minum jus pare, baca deh ceritanya di sini.

Kalau ngantuk, nggak ada cerita deh bisa langsung tidur. Ada manusia mungil yang harus saya susui dulu, belum lagi kalau setelah kenyang menyusu dia belum tidur, haduh!

Belum lagi perkara memerah ASI. OMG, 2 jam sekali harus menghilang dari meja kerja, kalo telat sedikit, payudara bisa sakit nyut-nyutan atau bahkan rembes *sigh*. Mana dulu kantor saya nggak ada nursing room, alhasil memerah ASI ya harus ke toilet. Duduk di lantai supaya posisinya rileks. Duh!

Lalu, masalah menyapih. Weaning with love terdengar romantis ya? Praktiknya? Duile, drama! Untuk bisa tidur, selama 3 hari saya harus gendong Langit naik turun tangga karena sama bapaknya nggak mau. Dia sih nggak nangis minta susu, cuma ya nggak tidur saja kalau cuma tiduran di kasur. Lumayan, betis kenceng!

Tapi apakah segitu sebalnya saya dengan menyusui? Klik ke halaman selanjutnya!


9 Comments - Write a Comment

  1. Kalo gw gak pernah sukses nyusuin sampe 2 tahun. Anak pertama harus disapih dini karna hamil dan perut jadi kontraksi kalo nyusuin. kebetulan dia juga lagi seneng gigit-gigit jadi makin berasa. Yang kedua cuma sampe 18 bulan karna dia nyapih dirinya sendiri, mungkin dia ngerasa udah sedikit kali ASI nya, jadi gak puas. Alhamdulillah proses penyapihan gak pernah drama. Tapi masih suka berasa ‘ngutang’ sama anak-anak gw. Hiks

    Jadi kalo ditanya apa yang gak disukain dari menyusui? Jawabannya gak ada!! hehehe

  2. Ya ampuuun, setuju nih Mbak sm artikelnya. Sebagai ibu baru dari Akar (1 month), kejadiannya baruuu bgt kmrn. Jd mulai jam 00.30 dini hari smpe jam 16.30 sore Akar nangiiiis terus, ga Mau tidur, cm diem kl “mentil” atau digendong sm ibunya. Rasanya smpe perih2+pegel2 bener ini puting. Hahaa. Tp segimana suka kesel jg bakal ilang ya kl liat muka lugunya. Hihihiii. And fyi anak ini sungguhan nolak mentah2 empeng yg pnh (dgn tpaksa) dicobain ke dia. Maunya yg ori, ga mau yg KW dia.. :))

Post Comment