Anak Dan Uang

kids_money

Belum lama ini saya rajin memantau tagar #kidsNmoney dari @mrshananto di Twitter tentang anak dan uang. Saya suka sekali mengikutinya, sekalian belajar untuk diri sendiri dan tentu saja menerapkannya pada anak-anak saya :) .

Mungkin ada Mommies yang suka kelimpungan kalau anak minta jajan terus atau minta mainan tiap jalan-jalan ke mal. Atau malah kitanya sebagai ortu yang selalu menebar ‘racun’nya alias sebenarnya itu hobi kita namun diatasnamakan untuk anak :D .

‘Children see children do’. Sebenarnya anak-anak melihat bagaimana cara ortunya memperlakukan uang. Masih inget dong, ya, kalau orangtua adalah teladan untuk anak-anaknya? Jadi, mau seperti apa anak memperlakukan uang, yaa… sebagai orangtua kita perlu mengarahkannya.

Masalah keuangan, anak belajar tentang :

  • Earning,

anak perlu tahu, bagaimana cara menghasilkan/mendapatkan uang. Misalnya bekerja sama orangtua, angpau, dan seterusnya.

  • Giving,

anak perlu tahu, dari uang yang didapatkan ada hak orang lain di dalamnya. Misalnya infaq, sedekah, dan lain-lain.

  • Saving,

anak perlu tahu, dari uang yang didapatkan ada yang perlu ditabung, disimpan atau diinvestasikan untuk kebutuhan serta kepentingannya. Misalnya beli gadget pertamanya, kendaraan pertamanya, dan lain-lain.

  • Spending ,

yaaay..! Ini bagian yang paling disukai anak (juga orangtua, ya, haha ). Anak perlu tahu, bagaimana membelanjakan uang yang didapat, mana yang perlu atau butuh mana yang tidak. Misalnya beli mainan, buku kesukaan, dan sebagainya.

Kapan sih, momen yang tepat untuk mengenalkan uang pada anak? Lihat di halaman selanjutnya ya!


Post Comment