DIY: Simple Activity Book

thumbnail activity book (2)

Activity Book atau biasa juga disebut Quiet Book adalah buku untuk bayi atau balita yang berisi aktivitas-aktivitas seru. Mereka bisa anteng bermain, tidak lari-larian, tidak lompat sana-sini dan tidak berisik. Aktivitas yang ada di dalam buku ini tidak hanya merangsang imajinasi si anak, tetapi juga melatih motorik halusnya (misalnya, memasang kancing, resleting, memasang pita/tali sepatu, dll). Buku ini juga bisa digunakan untuk belajar mengenai warna, bentuk, nama benda, nama hewan, anggota tubuh, angka, huruf, berhitung, dan lainnya.

Sebenarnya banyak juga yang menjual buku berbahan kain ini, berhubung saya lagi senang berprakarya dengan kain khususnya flanel, jadi dicobalah membuat buku ini. Hasil yang saya buat sangat sederhana.

Pertama, saya menggunakan kancing sebagai perekat buah-buahan di pohon, karena Humaidah lagi senang-senangnya memasang dan melepas kancing sampai baju yang saya pakai pun dibuka dan pasang kancingnya. Jumlah buah di pohon juga bisa untuk belajar berhitung dan mengenal warna.

Kedua, saya membuat dua tokoh anak bernama Adi dan Ani dari buku-buku favoritnya. Dia seringkali bercerita kembali tentang isi buku tersebut, jadi harapan saya dengan membuat kedua tokoh ini Humaidah akan merangkai cerita sesuai imajinasinya. Saya juga membuatkan beberapa pasang baju untuk kedua tokoh tersebut.

Ketiga, saya membuat matahari dan bulan karena Humaidah lagi suka diceritakan tentang bumi, matahari dan bulan. Selain itu juga sebagai pembeda waktu siang dan malam.

Masih banyak hal-hal dalam kehidupan sehari-hari yang bisa diterjemahkan ke dalam activity book ini, dengan keterbatasan waktu saya harus mencicilnya. Setiap aktivitas dalam buku ini bisa dijahit, tempel, atau terlepas semua. Bentuknya pun bisa berbeda-beda, bisa berbentuk buku dengan dijahit/lem atau berbentuk seperti binder dengan menggunakan ring binder. Kali ini saya membuat seperti soft book pada umumnya.

Apa saja yang diperlukan untuk membuat buku ini dan bagaimana membuatnya? Lihat di halaman selanjutnya, ya!


Post Comment