banner-detik
BEAUTY

Perlukah Memakai Krim Malam?

author

DesZeLL16 Jul 2014

Perlukah Memakai Krim Malam?

Moisturizers*Gambar dari sini

Jika berbicara tentang produk perawatan wajah, pasti sudah tahu dong tiga langkah dasarnya: pembersih, penyegar dan pelembap. Nah, langkah yang terakhir ini biasanya banyak yang suka bertanya apakah perlu siang dan malam kita memakai produk yang berbeda yaitu day atau night cream? Sebenarnya, ini seutuhnya ada di tangan Mommies sekalian. Tapi sebelum mengambil keputusan biarkan saya menjelaskan beberapa hal terkait dengan topik ini.

Perbedaan krim pagi dan malam

Mengapa satu merek dan satu lini produk bisa mengeluarkan dua macam produk buat pelembap yang dipakai siang atau malam? Karena kebanyakan produk yang kita pakai pada siang hari akan mengandung tabir surya yang fungsinya memberikan perlindungan terhadap kulit terhadap radiasi sinar UV. Akan tetapi, kebanyakan krim siang belum memberikan proteksi broadspectrum terhadap sinar UVA dan UVA di mana keduanya berbahaya untuk kulit. Jadi sebaiknya cek dulu apakah krim siang kalian memberikan perlindungan yang cukup terhadap kedua sinar UV ini. Selain itu, biasanya juga krim siang kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari agresi eksternal yang merugikan kulit.

Sedangkan krim malam hari biasanya memiliki kandungan yang mirip dengan krim siang, minus tabir surya tapi dengan tambahan kandungan yang biasanya bekerja efektif di malam hari di mana tidak ada cahaya matahari. Karena beberapa kandungan mudah terurai matahari sehingga tidak efektif digunakan pada siang hari seperti contohnya retinol. Selain itu juga biasanya krim malam terasa lebih pekat atau rich karena pada malam hari kulit memberikan kelembapan ekstra.

Berbahayakan memakai krim siang di malam hari?

Memang krim siang mengandung tabir surya, tapi ini bukan berarti krim tersebut jadi berbahaya dipakai pada malam hari karena kandungan tabir suryanya. Yang terjadi adalah kandungan tersebut jadi under utilize atau tidak ada gunanya karena malam hari kita tidak perlu perlindungan dari radiasi sinar UV - kecuali kamar Mommies lampunya terang sekali.

Jika harus memilih satu krim saja, mana yang harus dibeli?

Nah, jawabannya silakan lihat di halaman selanjutnya, ya!

moisturizer-for-acn*Gambar dari sini

Namanya juga ibu-ibu, ya, pasti punya banyak prioritas. Daripada tidak merawat kulit sama sekali dan tidak ingin mengeluarkan uang dua kali, kalau harus memilih untuk membeli satu produk saja saya sarankan untuk membeli krim siang saja. Karena walaupun tabir surya yang terkandung menjadi under utilize akan tetapi tidak seperti krim malam yang bisa saja mengandung kandungan yang terurai matahari sehingga malah merugikan pada kulit dan tidak efektif. Selain itu, krim malam yang pekat akan terasa terlalu 'berat' untuk kulit di siang hari apalagi kalau cuaca sedang panas.

Tapi ingat yah, jangan lupa malam hari tetap harus pakai pelembap, bukan berarti pelembap hanya dipakai satu kali sehari saja.

Apa pentingnya memakai krim malam?

Seperti yang saya sebutkan di atas, beberapa kandungan paling efektif dipakai di malam hari. Nah, kandungan tersebut biasanya juga kandungan zat aktif yang powerful dalam membantu proses peremajaan kulit. Selain itu beberapa kandungan AHA dan BHA juga tidak dianjurkan dipakai di siang hari, padahal kandungan ini sangat membantu proses regenerasi kulit sehingga kulit tampak cerah dan selalu muda. Kandungan ini juga banyak teradapat di krim malam. Jika dipakai di siang hari, maka harus memakai tabir surya yang benar-benar powerful dan jangan lupa digunakan kembali setelah 4 jam. Tapi kalau mengingat hal ini, lebih baik sih memang memakai produk berbeda di malam hari.

Apalagi di malam hari kita sedang beristirahat dan perkembang biakan sel paling efektif adalah pada malam hari tersebut. Begitu pula dengan sel-sel kulit di permukaan. Jadi memang pada malam hari lebih baik memilih produk yang memberikan nutrisi tambahan pada saat para sel sedang bekerja keras.

Selain itu, biasanya kita yang tidur di ruangan ber-AC akan membutuhkan kelembaban ekstra pada malam hari karena paparan angin dari AC membuat kulit kita jadi kering pada pagi harinya. Nah, krim malam dapat memberikan kelembapan ekstra tersebut.

So, mommies, like I said it's all up to you. Apakah kalian mau menggunakan krim terpisah atau sama untuk siang dan malam.

PAGES:

Share Article

author

DesZeLL

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan