Perlukah Memakai Krim Malam?

Moisturizers*Gambar dari sini

Jika berbicara tentang produk perawatan wajah, pasti sudah tahu dong tiga langkah dasarnya: pembersih, penyegar dan pelembap. Nah, langkah yang terakhir ini biasanya banyak yang suka bertanya apakah perlu siang dan malam kita memakai produk yang berbeda yaitu day atau night cream? Sebenarnya, ini seutuhnya ada di tangan Mommies sekalian. Tapi sebelum mengambil keputusan biarkan saya menjelaskan beberapa hal terkait dengan topik ini.

Perbedaan krim pagi dan malam

Mengapa satu merek dan satu lini produk bisa mengeluarkan dua macam produk buat pelembap yang dipakai siang atau malam? Karena kebanyakan produk yang kita pakai pada siang hari akan mengandung tabir surya yang fungsinya memberikan perlindungan terhadap kulit terhadap radiasi sinar UV. Akan tetapi, kebanyakan krim siang belum memberikan proteksi broadspectrum terhadap sinar UVA dan UVA di mana keduanya berbahaya untuk kulit. Jadi sebaiknya cek dulu apakah krim siang kalian memberikan perlindungan yang cukup terhadap kedua sinar UV ini. Selain itu, biasanya juga krim siang kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari agresi eksternal yang merugikan kulit.

Sedangkan krim malam hari biasanya memiliki kandungan yang mirip dengan krim siang, minus tabir surya tapi dengan tambahan kandungan yang biasanya bekerja efektif di malam hari di mana tidak ada cahaya matahari. Karena beberapa kandungan mudah terurai matahari sehingga tidak efektif digunakan pada siang hari seperti contohnya retinol. Selain itu juga biasanya krim malam terasa lebih pekat atau rich karena pada malam hari kulit memberikan kelembapan ekstra.

Berbahayakan memakai krim siang di malam hari?

Memang krim siang mengandung tabir surya, tapi ini bukan berarti krim tersebut jadi berbahaya dipakai pada malam hari karena kandungan tabir suryanya. Yang terjadi adalah kandungan tersebut jadi under utilize atau tidak ada gunanya karena malam hari kita tidak perlu perlindungan dari radiasi sinar UV – kecuali kamar Mommies lampunya terang sekali.

Jika harus memilih satu krim saja, mana yang harus dibeli?

Nah, jawabannya silakan lihat di halaman selanjutnya, ya!


Post Comment