Kapan Anak Saya Jadi Anak Sekolah?

Sekolah merupakan tempat yang menyenangkan bagi sebagian besar anak namun tak disangkal dapat pula menjadi tempat yang paling ditakuti oleh anak. Hal ini bisa terjadi bilamana anak sekolah dimulai di saat yang kurang tepat.

Saat yang paling tepat untuk memasukkan anak sekolah adalah pada saat anak secara sadar mengatakan dan meminta sendiri kepada orangtuanya bahwa ia ingin bersekolah.
Hal ini menunjukkan adanya rasa ketertarikan anak dan kesiapan anak untuk bersekolah.

Menanggapi keinginan anak, orangtua harus memberi dukungan dan tidak lupa menjelaskan apa konsekuensinya. Anak harus memiliki tanggung jawab terhadap tugas-tugas sekolahnya.

toddlerschool_mommiesdaily

Pada umumnya, anak usia 3-4 tahun, akan mencetuskan sendiri keinginan untuk bersekolah tatkala melihat saudara atau teman-temannya bersekolah. Namun bila tidak ada keinginan dari anak untuk bersekolah, orangtua tidak boleh memaksa dan memutuskan anak harus bersekolah. Tidak memaksa anak untuk bersekolah bukan berarti orangtua menyerah dan menunggu kapan anak ingin sekolah. Sikap seperti ini juga akan menimbulkan kerugian pada anak, terlambat memulai pendidikan.   Sebaliknya orangtua harus proaktif dengan berbagai cara agar timbul rasa ingin sekolah dalam diri anak. Misalnya dengan mengajak anak ikut menjemput kakaknya di sekolah atau mengajak dan mendampingi anak melihat dan bermain bersama teman-temannya yang sudah masuk sekolah.

Selanjutnya tahapan sekolah yang dipilih pun haruslah sesuai dengan usia anak. Untuk usia 3-4tahun, yang paling baik adalah playgroup (sekolah untuk anak-anak usia dini).

Anak-anak yang masuk sekolah sejak dini dan atas keinginannya sendiri, maka anak akan memperoleh beberapa segi positif di antaranya:

  1. Independen atau mandiri
  2. Punya percaya diri
  3. Berani mengambil risiko
  4. Punya rasa ingin tahu
  5. Memiliki ide-ide dan bisa mengembangkan ide-idenya tersebut
  6. Bisa menyesuaikan diri dengan cepat
  7. Mudah bersosialisasi

Hal ini akan memberi kemudahan anak saat memasuki jenjang sekolah dasar di mana tugas rumah, tugas sekolah dan tes sekolah harus mereka lalui.

Jadi.. setiap anak memiliki hak untuk bersekolah dan mengenyam pendidikan yang baik. Namun akan berbeda hasilnya antara anak yang memang ingin dan siap untuk bersekolah dibandingkan dengan anak yang bersekolah karena paksaan orangtua. Jangan memaksa namun berikan dukungan dan semangat bagi anak untuk bersekolah :)

TanyaDok adalah cara hidup sehat modern, memberikan akses kesehatan kapan pun, di mana pun bagi keluarga Indonesia dengan tanya dokter online, artikel kesehatan, solusi hidup sehat, komunitas kesehatan dan rujukan ke pelayanan kesehatan. Cari dan tanyakan masalah kesehatan di sini www.tanyadok.com dan follow @tanyadok atau like www.facebook.com/tanyadokteranda.


Post Comment