The Best Red Velvet Cake I’ve Ever Made!

cupcake

Saya sudah lamaa sekali terobsesi untuk membuat red velvet cake (RVC) yang lezat, moist dan lembut. Dulu, saya pernah mencoba resep RVC yang pernah di-posting Mommiesdaily. Tapi koq rasanya kurang cocok dengan selera saya ya? Terasa agak langu, mungkin karena pengaruh jus bitnya kali ya.

Setelah itu, pencarian saya akan resep RVC yang sesuai selera masih terus berlanjut. Mulai dari resep di buku, blogger luar negeri hingga blogger lokal, tapi tetap saja, belum ada yang pas. Saya pun sempat putus asa, dan malas membuat RVC lagi selama dua tahun.

Sampai akhirnya saya bertemu resep Red Velvet Cake ala Pak Sahak Pribadi, seorang pakar kuliner, yang di-posting di blog http://dapurjujun.blogspot.com/2013/04/red-velvet-cake.html. Saya lihat, kok menarik karena dia menggunakan tambahan maizena selain terigu. Sepengetahuan saya, maizena itu berfungsi membuat kue jadi lembut. Wah, langsung kebayang deh RVC yang lembut dan lumer di lidah.

Saya pun iseng mencoba pekan lalu, namun saya buat dalam bentuk cupcake. Kebetulan, ada acara lamaran adik ipar saya. Saya pikir, lucu juga nih jika saya membuat RVC untuk cemilan tamu-tamu cilik yang hadir.

Alhamdulillah, ternyata insting saya benar. Kuenya sungguh enak luar biasa, nggak kalah dengan RVC buatan toko kue yang sering saya beli. Bahkan, Nadira langsung habis dua buah cupcake lho sesaat setelah dipanggang. Suami, Mama dan ART juga setuju bahwa RVC ini enak sekali. Horeee.. Pencarian saya pun berakhir!

Yang agak kurang pas mungkin resep cream cheese frosting-nya ya. Kalau mengikuti resep ini, rasanya kurang manis dan kurang ngeju. Mungkin akan lebih baik kalau perbandingan cream cheese dan whipped cream adalah 1 : 1, bukan 1 : 2 seperti di resep. Takaran gula halus juga tampaknya akan lebih enak jika ditambah.

Anyway, here’s the recipe ya. Ada beberapa bagian dari resep RVC yang saya ganti, disesuaikan dengan keberadaan bahan-bahan di rumah. Oh ya, kalau tidak ada jeruk nipis, jangan menggantinya dengan cuka. Saya pernah mencoba dulu, dan rasa kue pun jadi asam dan kurang enak.

Mau praktik di rumah? Siapa tau Mommies mau membuatnya bersama si kecil. Langsung lihat dihalaman berikut, ya!

Selamat mencoba!


4 Comments - Write a Comment

Post Comment