banner-detik
YUMMY MOMMIES

Motherhood Monday: Chacha Thaib, Cerita Jadi Istri Rockstar

author

sazqueen30 Jun 2014

Motherhood Monday: Chacha Thaib, Cerita Jadi Istri Rockstar

chacha1

Awalnya saya berkenalan sama perempuan yang followers di Instagram-nya lebih dari 20.000 ini, karena ia menikah dengan Bisma, pemain bass Rocket Rockers yang sebelumnya sudah saya kenal lebih dahulu. Annisa Nadzirani Thaib, atau biasa disapa Chacha ini senang berbagi cerita fiksi lewat blognya, yang akhirnya membuahkan sebuah novel yang diluncurkan pada Desember 2012. Kegemarannya menulis membawa ke pekerjaannya sekarang sebagai Fashion Editor di sebuah majalah fashion muslimah.

Saat ini Chacha sedang hamil 28 minggu, dan sebagai istri seorang anak band, Chacha merasakan hamil tanpa didampingi suami terus menerus, karena Bisma harus bekerja tanpa jam kerja seperti pekerja kantoran biasa. Sempat bertemu di Bandung beberapa waktu lalu saat Chacha dan Bisma sedang babymoon, kebetulan mereka mampir ke toko saya. Dan sayapun jadi tertarik untuk bertanya soal bagaimana perasaan selama hamil dan tidak bisa mendapatkan jadwal yang rutin soal waktu pulang dan pergi sang suami, yang banyak menghabiskan akhir pekannya di atas panggung. So how does it feel to be pregnant and having a rock star as your husband? ;)

Cha, cerita dong, dulu ketika menikah, berencana langsung punya anak, ditunda, atau let it flow saja? 

Jadi, awalnya aku dan Aa (Bisma) emang berharap banget langsung punya anak. Emm, ini kayaknya aku aja, sih, haha, karena Aa nggak pernah begitu nunjukin. Salah satu alasannya karena kakaku itu nggak sempat kosong, jadi habis menikah langsung hamil, kan aku pengin kayak dia juga gitu. Tapi akhirnya aku hamil baru setelah 10 bulan menikah. Sebetulnya setelah menikah 5 bulan, aku pernah tes kesuburan, loh. Insecure gitu rasanya, kok aku nggak cepat hamil, sih? Hahaha, pokoknya nggak santai gitu lah. Segala saran dari orang aku dengerin dan praktekin, sampai akhirnya hal-hal yang aku lakukan itu jadi hal yang mengganggu untuk Aa. Akhirnya di bulan ke 9 setelah menikah, kami berdua, khususnya aku, sih, udah pasrah. Udah jadi "Ya udah, gimana Allah aja, deh! Mau dikasih cepat, ya, Alhamdulillah. Mau kita disuruh berduaan, pacaran dulu juga nggak masalah".

Eh, nggak lama setelah mencoba pasrah, aku telat mens dua hari. Iseng, beli test pack, langsung dua buah! Dulu kan pernah habis nikah, telat 10 hari, iseng tes hasilnya negatif. Nah, sekarang juga iseng aja, gitu. Iseng berhasil positif! Ada dua garis di test pack, walaupun garis yang satu hanya samar. Tanpa aba-aba, aku langsung share aja fotonya ke Aa, karena waktu itu Aa memang lagi tour ke luar kota. Harapannya, sih, Aa kaget gitu. Nggak tahunya, reaksi Aa adalah "Sayang, itu apa? Aku nggak ngerti.." Hahahahaahaaa! Ya kan, dikira tahu sedikit, lah, kan sering ada iklan test pack atau di film misalnya. Akhirnya aku jelasin ke Aa, mengerti kemudian kaget, tapi Aa minta tes ulang tiga hari lagi. Aku nurut, dan bener, ada dua garis yang lebih jelas. Alhamdulillah!

Habis gitu periksa ke dokter, dong? Reaksi Bisma gimana?

Aku pertama kali ke dokter kandungan sama kakak, nggak sama Aa. Karena ya lagi manggung, kalau nunggu jadwalnya pulang kelamaan. Dua minggu kemudian baru, deh, cek lagi sama Aa. Ini pengalaman pertama kali banget buat Aa, ketemu dokter kandungan, jadi Aa grogi kayaknya, terus malah bilang "Dok, saya boleh lihat nggak?, dijawab sama dokternya "Loh, bapak suaminya bukan?" Hahaha! Terus aku minta fotoin layar monitor kan, tapi Aa speechless banget, salah pencet tombol, nggak foto apa-apa, malah ngerekam. Nggak taunya Aa lagi terharu, nggak nangis, sih, tapi berbinar gitu rautnya.

Selanjutnya: Saat awal hamil, aku drama banget! >>

chacha2

Nah, kebayang nggak kalau Chacha bakalan hamil yang ditinggalin manggung melulu?

Ya waktu itu, nggak kebayang. Karena memang jadwal Rocket Rockers lagi nggak padat, jadi nggak berasa apa-apa. Eh, pas mulai padat, kerasa banget!! Aku jadi drama, suka nangis-nangis.

Waktu awal kehamilan, mual-muntah parah nggak? Rasanya gimana, tuh, hormon naik turun ditambah suami nggak bisa ditebak kehadirannya?

BANGET!

Apalagi 4 bulan pertama. Terus Aa jadi nggak tenang gitu, mana aku juga jadi picky banget makannya. Rasanya parah banget, deh! Sering ngerengek, kenapa lagi hamil, suaminya nggak ada, pergi melulu. Apalagi pakai ada acara teror-teror nggak jelas di twitter, nggak enak, deh! Kalau lagi ada Aa, kan, enak. Ada yang mijetin, bisa minta tolong, dan lainnya. Tapi aku jadi sering ngajak ngobrol si calon bayi, yang aku kasih panggilan Cimit. Ini buat pengalihan aja, biar aku nggak bete. Aku biasanya ceritain hal yang sedang aku kerjakan saat itu. Nah, yang sedihnya lagi, aku kan disuruh bed rest, pas usia hamil 10 minggu karena sempat nge-flek, keputihan juga terlalu banyak. Bete, ya, nggak ada suami, nggak bisa jalan-jalan, jadi Aa stand by terus sama HP-nya, biar bisa la

ngsung balas. Kalau dia kelamaan balas, aku suka curigaan, haha, langsung minta fotoin buat nunjukin Aa lagi ngapain saat itu. Ganggu, ya? Haha!

Hmm, perasaan paling nggak enak semasa hamil ini apa?

Pas tidur sendiri! Kan kaki suka kram, nih, atau punggung sakit dan kebangun dari tidur tapi nggak ada yang nolongin. Jadi akhirnya kalau kebangun malam suka nangis karena sakit, lanjut nangis sedih karena nggak ada suami. Drama :p

Kalau Bisma lagi off manggung, biasanya ngapain aja? Beda nggak rutinitas sebelum dan sesudah hamil?

Karena aku suka banget ke mall, yang pasti Aa sering nemenin aku mau ke mana. Terus antar aku ke kantor untuk weekly meeting atau apapun. Jalan kaki pagi-pagi adalah yang rutin kami lakukan kalau Aa lagi libur manggung. Biasanya ke Taman Suropati aja, karena dekat rumah. Soalnya kalau nggak ada Aa, aku jarang keluar rumah, hehe :)

Selain itu juga, Aa suka nurutin aku mau makan apa, habis gitu biasanya pulang, sih. Santai-santai di rumah, ngobrol berduaan. Eh, bertigaan sama calon bayi.

Eh, kalau perempuan kan suka punya bayangan ideal kondisi hamil, ya. Kalau Chacha gimana?

Wah, iya! Dulu dalam bayangan ketika hamil bakalan berduaan saja sama suami  di rumah sendiri. Dan suami akan siap siaga setiap saat menemani dan mendampingi.

Impian sama kenyataan berbanding terbalik. Aku belum bisa lepas dari Mamah, jadi selama hamil tetap di rumah orangtua, deh. Karena Aa sering tour keluar kota, banyak hal yang lebih mengandalkan Mamah, dan memang penginnya diurusin Mamah, haha. Pokoknya jauh, deh, dari bayangan pas masih single!

Punya perasaan hamil itu ajaib, nggak?

Banget! Buatku, pregnancy is a magical thing! Aku sampai sekarang masih suka ngebatin "ya ampun, luar biasa ya, rasanya.." atau ""ooh, begini toh, mungkin ini ya kenapa orang yang udah punya anak suka kangen masa-masa kehamilan!"

Rasanya bahagia, kadang-kadang takjub, lagi shalat suka nangis bilang "Makasih ya, Allah.." Karena memang rasanya percaya nggak percaya. Umurku masih 23, kan, tapi udah dipercaya Allah buat ngerasain keajaiban kehamilan dalam waktu yang nggak terlalu lama setelah menikah.

Selanjutnya: Hamil= cemburuan tingkat tinggi!

chacha3Bisma di sebuah panggung. Photo by @bibierdakiller

Cha, Bisma kan punya banyak fans, ya! Nah, karena pas hamil, hormon suka naik turun seenaknya, ada perasaan takut berlebihan nggak pas Bisma lagi manggung? Cemburu misalnya?

Wahahahaa, parah kalau soal ini, sih! Jadi selama hamil ini, setiap Aa manggung, aku deg-degan. Padahal pas belum hamil, santai aja. Pas hamil ada aturan baru "FANS PEREMPUAN NGGAK BOLEH BERSENTUHAN!!" Galak, deh! hahaha. Kalah ada foto fans perempuan yang ngerangkul Aa, aku marah, nanya-nanya posesif. Padahal bukan Aa yang rangkul, jadi kalau mau foto harus posisi tangan istirahat di tempat! Dan setiap habis manggung, aku selalu cek twitpic akunnya Aa :p

Untung Aa nurut aja, pokoknya apa yang bikin aku happy, diturutin. Nah, akunya yang suka nggak enak sendiri. Kadang aku suka nanya "Aa, aku ngeselin ya?" Hehehe. Hormon, oh, hormon!

Pernah berkhayal suami punya pekerjaan lain dengan jadwal selayaknya pekerja kantoran, nggak?

Hampir nggak pernah, sih. Karena aku nikmatin aja apa yang aku rasakan. Karena kalau ada perasaan yang mengganjal, aku langsung ajak Aa ngobrol. Jadi Alhamdulillah, semua dibawa enjoy aja, dibawa senang! Kalau lagi capek dan kepengin ngeluh? Langsung cepat-cepat membandingkan diri dengan orang lain yang bebannya lebih berat. Biasanya langsung bersyukur dan berhenti mengeluh :)

Kalau begitu, ada kiat yang bisa dibagikan ke calon Mommies lainnya yang ada di kondisi sama: hamil dan sering ditinggal pergi, atau jadwal kerja yang tidak teratur?

Hmm, banyak-banyak isi waktu dengan hal positif aja, jadi nggak sempat mellow sendiri. Aku lagi suka nonton drama Korea, padahal sebelum hamil nggak pernah, ya udah, nonton aja tuh drama Korea supaya happy. Baca buku juga nggak ketinggalan, pokoknya melakukan hal yang menyenangkan dan tentunya harus banyak sabar! Kalau aku pribadi, mikirnya "Ya udah, suami nggak ada juga karena pergi cari nafkah, bukan buat main atau macam-macam."

---

Setuju, deh, sama jawaban terakhir, ikhlas dan doain yang baik-baik aja, ya! Eh, kayaknya upload foto di instagram @chachathaib buat barang endorsement juga ngisi waktu luang, ya, Cha? Hahaha. Baiklah, semoga sisa usia kehamilan bisa berjalan dengan sehat, nanti waktu melahirkan semua proses lancar, dan bisa didampingi oleh Bisma. Aamiin!

Terimakasih, Cha!

PAGES:

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan