Menangkal Stres Bagi Ibu Rumah Tangga

Woman_listening_To_Music_yoga*Gambar dari sini

  • Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu favorit atau mencari tahu lagu teranyar-masa kini dapat membantu saya mengendorkan urat-saraf yang sempat tegang. Setelah hilir-mudik bergulat dengan rutinitas yang ada, mendengarkan lagu melalui handphone (lebih seringnya dengan bantuan earphone)atau sambil menyaksikan video klip music via youtube membuat saya merasa tenang kembali. Tak jarang, saya ikut bernyanyi meski dalam volume kecil. Iya, saya cukup sadar bahwa suara saya tidak terlalu renyah di telinga orang lain.

  • Membersihkan halaman rumah

Halaman rumah bukanlah area yang harus setiap hari bisa dibersihkan. Namun jangan salah loh, ternyata buat saya, sembari mencabut rumput liar, memotong dahan yang kering, menanam tanaman yang saya inginkan bisa memberikan kepuasan tersendiri. Dijamin, rasa puas itu memberikan kesenangan batin yang tak terkira! Apalagi, jika tanaman yang kita tanam dengan kedua tangan kita sendiri memberikan hasil yang bagus, dijamin hati ini makin girang tanpa batas.

  • Bernafas dengan sadar

Aneh ya. Tapi, inilah ‘tindakan mencegah stres’ yang selalu saya lakukan. Enaknya lagi, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Caranya pun mudah. Saya hanya perlu berkonsentrasi pada nafas yang masuk melalui hidung dan keluar melalui mulut. Biasanya, saya ikut melatih otot perut sambil mengatur nafas dengan cara perlahan. Kadang, saya juga menutup mata dan membiarkan pikiran saya kosong sejenak. Hasilnya, setelah melakukan pernafasn dengan sadar, pikiran saya menjadi plong. Hati pun ikut tenang.

Selanjutnya: Ke luar rumah yuk!


2 Comments - Write a Comment

Post Comment