Slow Cooker Hutspot

Hutspot adalah hidangan khas Belanda, kalau dari hasil googling katanya berawal dari Kota Leiden. Isinya bawang,Kalau saya mengenalnya sebagai hidangan yang sering disajikan di rumah keluarga suami saya, yang katanya sih resep turunan dari Eyang Putri suami yang jago masak. Karena eyang-eyang kami kebetulan lahir di masa-masa Belanda masih di Indonesia, keluarga kami masih sering mewariskan resep-resep keluarga berupa hidangan Belanda.

Kebetulan saya menyukainya sekali dan suami pun demikian, dan akhirnya lebih sering menjadikan semacam comfort food kami berdua sambil mengobrol berdua di malam minggu. Kalau di rumah tante suami saya, sembari mengobrol santai di meja pasti terhidang Hutspot. Padahal sih di negara asalnya, Hutspot termasuk pendamping main course yang bisa berupa sosis. Kalau kami sih dimakan apa adanya tambah saus sambal, namanya juga lidah orang Indonesia hihihihi.

Kalau ditanya resep pastinya, maksudnya resep dengan takaran yang pas, tante suami saya selalu menjawab tidak ada ukuran yang istimewa selain kentang, ayam, wortel, sedikit susu atau air kaldu dicemplung ke dalam panci. Semuanya serba suka-suka, takaran disesuaikan selera. Setelah googling lagi sana sini mencari resep Hutspot, kebetulan menemukan resepnya untuk slow cooker atau crockpot. Oh ya kalau lihat komposisi dan kelembutannya, sepertinya bisa disesuaikan untuk menu MPASI anak-anak yang sudah bisa mengkomsumsi wortel, kaldu dan kentang ya, tinggal dihaluskan dan bahannya disesuaikan untuk konsumsi untuk anak-anak (non gulgar). Selamat mencoba, Mommies, ini resep Hutspot versi rumah kami, kadang bahan-bahan semisal susu UHT campur air kaldu ayam saya sesuaikan dengan yang ada di lemari es saat itu, apalagi kalau ternyata di rumah hanya tersisa almond milk, dengan proposi suka-suka, karena ada yang menyukai sedikit berkuah.

Bahan

1/2 Bawang Bombay

6 buah kentang

6 buah wortel

1/4 liter susu UHT dicampur air kaldu ayam buatan sendiri dengan komposisi sesuai selera apakah mau creamy, yang penting agar susu tidak pecah sie selama pembuatan (untuk konsumsi saya sendiri saya lebih suka memakai almond milk karena lebih gurih)

25-50 gram mentega (butter), saya suka memakai yang non-salted

Garam dan merica, sesuai selera

1 buah punggung ayam (saya pribadi suka memilih ayam yang sudah dimasak setengah matang agar tidak amis atau saya lebih menyukai memasukkan smoked beef bacon atau smoked turkey, untuk penambah citarasa saja)

photo 2

Cara Pembuatan

  1. Kentang, bawang dan wortel di potong kecil.
  2. Masukkan semua bahan dalam slow cooker, diaduk agar merata.
  3. Nyalakan slow cooker selama 3,5-4 jam di Level Low.
  4. Jangan lupa untuk diperiksa dan diaduk merata di jam-jam pertama.
  5. Ketika selesai bisa langsung ditumbuk agar halus, atau disajikan apa adanya. Jika ingin mengurangi kuahnya, bisa dimasak sebentar di panci sampai kuahnya berkurang.

photo 1


Post Comment