Agar Traveling Sukses!

family-luggage*Gambar dari sini

Yang menentukan keberhasilan suatu pertunjukkan bukanlah saat berlangsungnya, tetapi latihan yang dilakukan. Begitu pula dengan berwisata. Dalam suatu perjalanan, persiapan memegang peranan sangat penting.

Persiapan matang menjelang bepergian akan menentukan kesuksesan dan kenyamanan dari perjalanan itu sendiri. Di sisi lain, persiapan yang kurang tak saja mengganggu acara liburan, tetapi menurunkan semangat dan mengurangi kesenangan dalam wisata.

Agar acara melancong lancar, aman, terkendali, dan nyaman, apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk, kita buat “checklist” persiapan agar perjalanan Anda lebih nyaman dan tidak ribet.

1. Setelah menentukan tempat wisata yang Anda tuju, carilah dan lakukan pembelian tiket transportasi (pesawat, kereta api, dll) dan akomodasi (hotel, dll). Bandingkan harga dan kualitas satu sama lain, baik dari omongan teman, testimonial yang biasa ada di internet, dan berbagai sumber lain.

2. Cari informasi mengenai tempat-tempat wisata. Meskipun Anda mengikuti tour travel, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu mengenai tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Inilah daftar mengenai apa yang perlu Anda cari tahu mengenai tempat tujuan Anda.

Cuaca. Tentunya ada perbedaan antara negara empat musim dengan negara tropis seperti Indonesia. Pastikan bagaimana suhu dan cuaca di sana, sehingga perlengkapan yang Anda bawa pun dapat sesuai dengan tempat tujuan Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan salah kostum dan membuang uang hanya untuk membeli pernak-pernik pakaian yang sebenarnya Anda miliki di rumah.

Jika Anda pergi ke tempat dimana cuacanya ekstrem, sebaiknya persiapkan mental Anda selain fisik Anda. Sinar matahari dapat menyebabkan sengatan panas (heat stroke), sementara cuaca dingin (es dan bersalju) dapat menyebabkan serangan dingin (frostbite). Karena itu bijaksanalah memilih perlengkapan yang akan Anda bawa dan persiapkan diri Anda untuk mengatasinya.

Apalagi yang harus disiapkan? Lihat halaman berikutnya!