banner-detik
ACTIVITY & DESTINATION

DIY: Rambut (Mendadak) Panjang

author

sazqueen24 Jun 2014

DIY: Rambut (Mendadak) Panjang

Karakter putri yang pertama kali Menik kenal adalah Elsa dan Anna. Walau belum menonton filmnya, tapi Menik sudah menonton dan hafal dengan beberapa lagu mereka seperti Do You Want To Build a Snowman, Let It Go, dan Love Is An Open Door. Since she knew this princess things, of course a pretty long hair is on her mind. Jadilah, seperti yang pernah diceritakan Nopai tentang Maika dan rambut princess-nya, saya pun akhirnya memasuki fase "Bu, Menik mau rambut panjang, yang dikepang.."

Awalnya saya langsung saja meniru trik Nopai, dengan sehelai selendang dan bando kain. Tapi saya mengunakan kain muslin segi empat dan mengikatkan di belakang kepala Menik. Kain dibagi dua, sehingga menyerupai rambut kepang dua. Begini, deh, tampilannya:

Menik-panjang

Nah, lagi-lagi karena membaca cerita Nopai, saya jadi deg-degan kalau Menik mau jalan-jalan pakai rambut kainnya, hahaha. Pas lagi mikir, neneknya Menik tiba-tiba bilang "Kak, dibuatin aja rambut dari benang wol!" Okesip! Tantangan di terima! Hidup di era Mr. Google is my saviour, saya mengetik "Doll, yarn hair" dan voila, keluar semua gambar dan step by step yang memberikan inspirasi untuk membuat rambut dari wol. Gambar ini yang jadi acuan:

yarnhair

Bagaimana cara membuatnya? Lihat di halaman selanjutnya ya!

 

Ini perlengkapan yang dibutuhkan:

yarn1

  • Benang wol tebal, warna sesuai selera. (ini pilihan Menik sendiri di toko benang)
  • Gunting
  • Bandana
  • Cara Membuat:

    Tentukan panjang rambut yang diinginkan. Terus terang, saya tidak ada gambaran waktu itu, jadi hanya menggunakan tangan sebagai media. Potong benang sekitar 5 cm untuk mengikat, sisihkan. Mulailah menggulung ulang benang di tangan seperti gambar di bawah ini. Gulung benang sampai habis.

    yarn2

    Setiap benang yang digulung di tangan sudah terlihat cukup tebal, ikat pada bagian benang yang ada di antara jari jempol, dan keluarkan gulungan benang dari tangan. Gunting bagian bawah gulungan, sehingga benang tadi menjadi panjang, dan terikat di bagian tengahnya. Ulangi dari mula untuk semua gulungan benang yang ada.

    yarn3

    Dari tiga gulung benang wol, saya mendapatkan tujuh bakal rambut, yang siap untuk dikepang. Sekarang, bagi menjadi dua bagian. Waktu itu saya membagi masing-masing dua ikatan benang krem dan satu ikat benang hitam. Sisa satu ikatan, saya buka dan bagi rata ke dua bagian yang sudah dipisah tadi. Gunting ikatan yang ada di masing-masing bagian, dan salah satu bagian ujungnya, seperti ini:

    yarn6

    Okay, mulailah mengepang! Kebetulan, kalau hanya mengepang dasar, saya bisa. Kalau butuh tutorial, boleh coba cari di Google atau Youtube, ya, Mommies!

    yarn4

    yarn7

    Yay, hampir selesai! Tahap terakhir adalah menjahit dua rambut ini di bandana. Maaf, saya lupa memotret tahap ini. Tapi caranya mudah, kok. Masukkan benang ke jarum, kemudian jahit ke bandana dan ikatkan ke rambut. Seperti ini:

    IMG_5110-670x446

    unnamed (2)

    unnamed (3)

    Dan, tadaaaaa! Rambut panjang siap dipakai, kapan saja! Mudah disimpan, dan tidak terlalu aneh jika si kecil  mau jalan-jalan dengan rambut mendadak panjang. Kerajinan tangan ini bisa diselesaikan dalam waktu 20 menit, jika si kecil tidur :p

    Selamat mencoba!

     

     

    PAGES:

    Share Article

    author

    sazqueen

    a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan