Belajar Minum Langsung Dari Gelas

Q: Kenapa repot-repot ngajarin pake gelas langsung, Saz?

A: Sejujurnya saya juga bingung kenapa.. hehehe karena dari hari ketiga di rumah sakit, Menik yang waktu itu belum jago menyusu, dikasih minum ASIP saya pake media feeder cup (kayak sloki kecil dari plastik dan agak seperti sendok pipih ujungnya). Kabarnya kalo dikasih dot bisa berpotensi bingung puting (kondisi dimana si anak tidak mau menyusu langsung dari ibunya karena keenakan nyusu tanpa usaha keras), jadi saya belum dan tidak pernah ngasih dot ke Menik.

Q: Kenapa gak pake training cup yang ada tahapan seperti biasa, sippy atau spout gitu?

A: Sebelum beli Doidy cup ini, saya udah beli training cup MagMag dari Pigeon (saya dulu kecil pake ini soalnya). Setelah saya browsing kanan kiri, ternyata penggunaan dot, spout, atau sippy cup berpotensi membuat si anak kehilangan ketrampilan mengunyah dan makan, bisa menimbulkan kerusakan gigi prematur, dan juga masalah bicara. Inilah mengapa disarankan untuk menggunakan gelas langsung karena ketika minum dari gelas, bayi yang menentukan kecepatan dan kuantitas yang dibutuhkannya.

Ya gitulah kira-kira hehehe.. jadi saya beli Doidy cup karena bentuknya mirip sama feeder cup Medela, dan kalau Menik lulus minum ASIP pake ini, nanti pas mulai MPASI jadi gak repot minumnya.

Tapi, bagaimana reaksi Menik saat hari pertama saya mempraktikannya? Baca lengkapnya di halaman berikut, ya.


2 Comments - Write a Comment

  1. nah, anak gw ga pernah pake asip, saz. total dari payudara aja. sama ama menik, skip dot, skip gelas khusus bayi juga. tapi pas mpasi, udah gw kenalin gelas. gelas minum biasa seperti orang dewasa wkwkwkwk.. emang gw juga males ribet beli-beli lagi. akhirnya pas tujuh bulan, kalo bawa air putih gampang banget : cukup berbekal botol tuppy. huahahahaha, parah ya emaknya…

Post Comment