Belajar Minum Langsung Dari Gelas

Menik

Ada yang anaknya akan masuk masa MPASI? Sudah mencari media yang pas untuk si anak belajar minum? Saya mau berbagi cerita bagaimana Menik bisa langsung minum dari gelas, tanpa melewati fase dot, sippy, atau spot cup. Pertamanya tentu karena pengalaman Menik minum ASIP dari feeder cup Medela. Sejak hari ketika melahirkan, saya didoktrin untuk tidak bergantung pada dot. Karena waktu itu saya memang hanya kepikiran memberikan ASI langsung dari payudara.

Ketika baca-baca soal MPASI, ada beberapa bacaan yang menyarankan untuk langsung menggunakan gelas, sendok dan piring, menghindari sippy cup dan sendok botol, untuk mendukung tujuan MPASI. Memang apa tujuannya? Mengenalkan anak pada makanan padat. Tujuan selanjutnya adalah melatih motorik kasar dalam memegang sendok-garpu, mengenalkan bentuk dan fungsi sendok seutuhnya, dan juga keterampilan mengunyah.

Prosesnya bisa dibilang mudah, walau berantakan sudah pasti tidak bisa dihindari. Waktu itu adalah hari ketiga percobaan Menik minum ASIP dari Doidy Cup. Sejujurnya pas hari pertama mencoba, saya sempat langsung lemes dan mikir “Dulu Menik jagoan banget minum pake feeder cup dari Medela, kenapa sekarang Menik kayak aneh banget pas nyobain pake Doidy Cup ini?”

Hmm, mungkin karena selama 6 bulan ini, mulut Menik hanya mengenal payudara sebagai alat minumnya. Nah, ada dua pertanyaan yang sering ditanyakan ketika tahu soal Menik dan gelas minumnya. Apa saja?  Lengkapnya di halaman berikut, ya!


2 Comments - Write a Comment

  1. nah, anak gw ga pernah pake asip, saz. total dari payudara aja. sama ama menik, skip dot, skip gelas khusus bayi juga. tapi pas mpasi, udah gw kenalin gelas. gelas minum biasa seperti orang dewasa wkwkwkwk.. emang gw juga males ribet beli-beli lagi. akhirnya pas tujuh bulan, kalo bawa air putih gampang banget : cukup berbekal botol tuppy. huahahahaha, parah ya emaknya…

Post Comment