banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Belajar Minum Langsung Dari Gelas

author

sazqueen23 Jun 2014

Belajar Minum Langsung Dari Gelas

Menik

Ada yang anaknya akan masuk masa MPASI? Sudah mencari media yang pas untuk si anak belajar minum? Saya mau berbagi cerita bagaimana Menik bisa langsung minum dari gelas, tanpa melewati fase dot, sippy, atau spot cup. Pertamanya tentu karena pengalaman Menik minum ASIP dari feeder cup Medela. Sejak hari ketika melahirkan, saya didoktrin untuk tidak bergantung pada dot. Karena waktu itu saya memang hanya kepikiran memberikan ASI langsung dari payudara.

Ketika baca-baca soal MPASI, ada beberapa bacaan yang menyarankan untuk langsung menggunakan gelas, sendok dan piring, menghindari sippy cup dan sendok botol, untuk mendukung tujuan MPASI. Memang apa tujuannya? Mengenalkan anak pada makanan padat. Tujuan selanjutnya adalah melatih motorik kasar dalam memegang sendok-garpu, mengenalkan bentuk dan fungsi sendok seutuhnya, dan juga keterampilan mengunyah.

Prosesnya bisa dibilang mudah, walau berantakan sudah pasti tidak bisa dihindari. Waktu itu adalah hari ketiga percobaan Menik minum ASIP dari Doidy Cup. Sejujurnya pas hari pertama mencoba, saya sempat langsung lemes dan mikir "Dulu Menik jagoan banget minum pake feeder cup dari Medela, kenapa sekarang Menik kayak aneh banget pas nyobain pake Doidy Cup ini?"

Hmm, mungkin karena selama 6 bulan ini, mulut Menik hanya mengenal payudara sebagai alat minumnya. Nah, ada dua pertanyaan yang sering ditanyakan ketika tahu soal Menik dan gelas minumnya. Apa saja?  Lengkapnya di halaman berikut, ya!

Q: Kenapa repot-repot ngajarin pake gelas langsung, Saz?

A: Sejujurnya saya juga bingung kenapa.. hehehe karena dari hari ketiga di rumah sakit, Menik yang waktu itu belum jago menyusu, dikasih minum ASIP saya pake media feeder cup (kayak sloki kecil dari plastik dan agak seperti sendok pipih ujungnya). Kabarnya kalo dikasih dot bisa berpotensi bingung puting (kondisi dimana si anak tidak mau menyusu langsung dari ibunya karena keenakan nyusu tanpa usaha keras), jadi saya belum dan tidak pernah ngasih dot ke Menik.

Q: Kenapa gak pake training cup yang ada tahapan seperti biasa, sippy atau spout gitu?

A: Sebelum beli Doidy cup ini, saya udah beli training cup MagMag dari Pigeon (saya dulu kecil pake ini soalnya). Setelah saya browsing kanan kiri, ternyata penggunaan dot, spout, atau sippy cup berpotensi membuat si anak kehilangan ketrampilan mengunyah dan makan, bisa menimbulkan kerusakan gigi prematur, dan juga masalah bicara. Inilah mengapa disarankan untuk menggunakan gelas langsung karena ketika minum dari gelas, bayi yang menentukan kecepatan dan kuantitas yang dibutuhkannya.

Ya gitulah kira-kira hehehe.. jadi saya beli Doidy cup karena bentuknya mirip sama feeder cup Medela, dan kalau Menik lulus minum ASIP pake ini, nanti pas mulai MPASI jadi gak repot minumnya.

Tapi, bagaimana reaksi Menik saat hari pertama saya mempraktikannya? Baca lengkapnya di halaman berikut, ya.

Menik1

Hari Pertama: Menik semangat banget megang cup-nya tapi terus mukanya aneh tiap bibirnya kena ASIP. ASIP yang dimasukin cuma 5ml, tapi lamaaaaa banget abisnya. Menik gak sabar banget, dan sebisa mungkin mau ngelempar si gelas orange-nya itu. HIKS!

Hari kedua: Mengambil pelajaran dari kemarin, isi gelas saya tambahin supaya usaha Menik masukin ASIP ke mulutnya gak terlalu berat. Dan ternyata beneerr, Menik jadi lebih gampang nemuin si susu sama bibirnya, dan lebih cepet masuk ke mulutnya. Ditambah saya ikutan 'pura-pura' minum, bikin Menik makin semangat buat minum pake gelas.

Hari ketiga: BERHASIL! belum 100 persen, tapi Menik udah keliatan seneng minum pake gelas, gak pake susah. Saya dan Rino ikut pura-pura minum dari gelasnya, dan ini bikin Menik semangat juga. :) :) ASIPnya habis sekejap, gelasnya udah gak dilempar lagi, dan si ayah yang kebetulan ulang tahun hari itu, ikutan senyum bangga dan seneng ngeliat anaknya bisa minum sendiri.

Buah mengajarkan Menik minum dari gelas ini langsung terasa, deh. Sejak tujuh bulan, Menik sudah lancar minum sendiri, dan sangat jarang tersedak. Sejak satu tahun, sudah bisa minum pakai gelas biasa. Khawatir sedikit soal kemampuan menyedot sedotan, tapi ternyata, Alhamdulillah, tidak ada halangan. Menik bisa menyedot sedotan dengan mudah setelah seminggu berkenalan dan diperlihatkan cara menyedot.

Jadi gimana, Mommies? Berani skip dot, sippy, dan spout, saat anak belajar MPASI? ;)

PAGES:

Share Article

author

sazqueen

a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan