Hemangioma Pada Bayi Baru Lahir

hemangioma*Gambar dari sini

Ada bercak berwarna merah muda pucat di sudut mata kanan Aqif ketika baru lahir. Semakin lama bercak merah berbentuk bulat itu warnanya semakin nyata. Dua minggu setelah Aqif lahir, kontrol ke dokter umum. Oleh dokter umum dirujuk ke dokter mata dan dokter kulit. Hasil observasi keduanya sama. Bercak merah di sudut mata itu adalah pelebaran pembuluh darah di bawah kulit. Istilah medisnya disebut hemangioma. Tidak diketahui penyebab hemangioma tersebut karena itu merupakan bawaan dari lahir. Tidak ada cara mengobatinya selain membiarkannya. Kata keduanya, kita lihat saja sampai bulan depan, jika sampai mengganggu penglihatan akan ada tindakan berikutnya, tapi biasanya itu akan menghilang dengan sendirinya.

Satu bulan berlalu, tidak ada gangguan pada tumbuh kembang Aqif tapi ternyata bercak merah tersebut menebal di atas permukaan kulit. Warnanya semakin nyata, seperti tompel, merah keunguan seperti gumpalan darah. Setiap ada yang datang menengok bayi Aqif, setiap itu pula ada yang bertanya tentang bercak merah tersebut. Saya dan suami bergantian menjelaskan tentang hemangioma.

Duh, rasanya gimana gitu menghadapi orang-orang yang memandang aneh dan bertanya-tanya. Saya selalu membesarkan hati dan yakin bahwa hemangioma tersebut akan hilang. Tapi saya juga ragu-ragu, di usia Aqif yang ke-2 bulan, hemangioma tersebut semakin nyata, bukan semakin menghilang.

Google jadi media untuk mencari tahu lebih detail tentang hemangioma. Semakin banyak baca, lah ko’ semakin seram ya. Salah satu petikan artikelnya sebagai berikut:

Hemangioma adalah suatu tumor jaringan lunak yang sering terjadi pada bayi baru lahir dan pada anak berusia kurang dari 1 satu tahun (5-10%). Biasanya Hemangioma sudah nampak sejak bayi dilahirkan (30%) atau muncul setelah beberapa minggu setelah kelahiran (70%). Hemangioma muncul di setiap tempat pada permukaan tubuh, seperti : kepala, leher, muka, kaki atau dada. Umumnya hemangioma tidak membahayakan karena sebagian besar kasus hemangioma dapat hilang setelah kelahiran. Hemangioma infantil adalah neoplasma vaskuler jinak yang memiliki perjalanan klinis karakteristik ditandai dengan proliferasi awal dan diikuti dengan involusi spontan. Selama fase proliferatif pada periode neonatal atau awal masa bayi, proliferasi sel endotel cepat membagi bertanggung jawab untuk pembesaran hemangioma kekanak-kanakan. Akhirnya, fase involusional terjadi, dimana hemangioma infantil kebanyakan klinis diselesaikan pada usia 9 tahun.
Hemangioma adalah tumor yang paling umum dari masa bayi, dan hemangioma paling infantil secara medis tidak signifikan. Kadang-kadang hemangioma anak-anak mungkin menimpa pada struktur vital, memborok, berdarah, menyebabkan output tinggi gagal jantung atau kelainan struktural yang signifikan atau cacat. Jarang, hemangioma infantil kulit dapat dikaitkan dengan satu atau lebih kelainan kongenital yang mendasari(http://id.m.wikipedia.org/wiki/Hemangioma)

Duh, sebagai orang awam kayanya gimana gitu denger istilah ‘tumor jinak’. Banyak pendapat yang menyarankan berbagai hal terkait dengan hemangioma tersebut. Silakan baca di halaman selanjutnya, ya!


5 Comments - Write a Comment

  1. Bunqif, alhamdulillah ya hilangnya cepet.

    Anak gw juga timbul hemangioma di pipinya pas umur 2 minggu. tambah lama tambah lebar. konsul ke dsa 1, dia nyaranin bedah plastik segera. ke dsa 2 suruh observasi aja, selama tidak digaruk2 atau dia tidak nyaman dengan itu, biarkan saja dulu, tunggu lebih besar. dsa 3 observasi dan dilakukan tindakan kalo nanti udah besar aja dan masih ada. So gw tunggu dan jaga aja, ga dia cakar2, ga kepentok. Gw lupa kapan persisnya ilang tapi umur 3 tahun bener2 ga ada bekasnya.

  2. anakku safanah juga lahir dengan hemangioma, d selangkangan. besarnya kira2 segede biji jagung. dari baru lahir langsung dikonsulin ke dokter bedah anak, katanya dilihat perkembangannya aja, ada yg bisa hilang dengan sendirinya, ada juga yang engga, jadi harus di operasi. yang penting dijaga jangan sampe berdarah terus. tapi karena letaknya di selangkangan ya susah juga buat ngjaga ga berdarah karena kan pasti kena gesekan popok. makanya safanah ga pernah dipakein popok kain karena kan pasti lebih sering ganti ya, jadi bakal lebih sering kena gesekan juga. kalo mandi juga hati2 banget supaya ga kena air krn takut infeksi. waktu itu sih dokternya ga kasih obat apa2 cuma d suruh kasih betadine terus d tutup kasa. tapi tetep aja kalo pas waktunya ganti kasa ya berdarah lagi. kebetulan pas awal2 aku panggil bidan ke rumah buat mandiin trus bidan bilang coba pake sofratulle aja siapa tahu bisa kering kan ada antibiotiknya. terus aku coba. Alhamdulillah semenjak pake sofratulle mengering mengering mengering dan akhirnya hilang.. Alhamdulillah..

  3. mbaa… anakku sekarang 3tahun. waktu baru lahir ada bercak merah hampir menutupi setengah bagian kelopak mata kanannya. tapi tidak timbul. Dan itu lama2 memudar, cepat hilangnya memang kalau tidak timbul. Tapi saya baru sadar dalam bbrp minggu ada dibagian rambut paling depan, karena waktu lahir anak saya rambutnya banyak dan panjang jadi saya tidak sadar dari awal. bulat dan menonjol merah, hemangioma stroberi kalo dari googling. saya ke dokter, dan diobservasi dalam 6bulan. Alhamdulillah tidak ada perubahan bentuk / membesar, mengecil pun belum. Tapi sekarang Alhamdulillah sudah jauh lebih kecil. Cuma anakku sudah 3 tahun, suka ngaca dan pegang2 hemangiomanya, saya yang suka ngilu, semoga usianya 5 tahun sudah bisa hilang total.

Post Comment