Tumis Sapotahu Brokoli

Dulu, sebelum menikah dan punya anak bisa dibilang saya lebih sering menikmati makanan hanya sekedar memenuhi kebutuhan perut ketika sudah merasa lapar. Tapi sekarang? Tentu semuanya sudah jauh lebih berubah. Yaa… meskipun semangkok bakso atau mie pangsit nggak bisa dicoret dari daftar menu mingguan, sih :D Yang pasti, saat ini prioritas utamanya tentu memilih makanan yang bisa memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan.

Nah, salah satu menu andalan yang sering saya buat di rumah adalah tumis brokoli. Semua Mommies, tentu sudah paham, dong, kalau sayuran hijau ini banyak sekali manfaatnya. Selain bagus untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena brokoli mengandung beta karoten, seng, dan selenium, sayuran yang berasal dari Italia ini juga banyak banyak manfaatnya untuk kaum perempuan.

Contohnya, nih, karena kandungan vitamin C, asam amino sulfur yang terdapat dalam brokoli sangat baik, maka sayuran ini bisa berfungsi sebagai detoxifier. Di mana bisa membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh. Kandungan glucoraphanin-nya juga mampu membuat kulit jadi lebih bersih.

Belum lagi dengan sifat anti kanker karena brokoli mengandung phytochemical. Banyak penelitian atau studi menunjukkan kalau brokoli dapat mengurangi risiko jenis kanker seperti kanker payudara pada wanita. Yang nggak kalah penting, kandungan folat  sehingga perempuan hamil banyak disarankan untuk banyak mengonsumsi brokoli untuk membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida pada janin.

sapotahu brokoli

Banyak sekali kan manfaatnya?

Nah, buat Mommies yang mau mencoba resep andalan saya di rumah, berikut resepnya, ya.

Bahan

Brokoli

Wortel

Udang jerbung

Sapo tahu

1/2 bawang bombay

4 siung bawang putih

1 sendok saus tiram

1/2 sendok minyak wijen

Satu sendok teh tepung maizena.

Cara membuat

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum

Masukan udang, aduk hingga berubah warna. Lanjutkan dengan menambahkan sapo tahu.

Kemudian masukan brokoli dan wortel yang sudah iris. Aduk rata.

Setelah itu masukan saus tiram dan dan minyak wijen, lalu masukan gula pasir, merica dan garam, aduk kembali hingga rata.

Tuangkan maizena yang sudah dilauratkan dengan air, masak hingga matang.

 

Selamat mencoba!

 

 

 

 

 

 


Post Comment