Saat Bosan Melanda Pernikahan, Apa Yang Harus Dilakukan?

man_woman

Yang namanya menjalani kehidupan pernikahan, pasti ada naik turunnya. Bukan masalah pertengkaran saja, tapi kadang karena sudah terbiasa satu sama lain, rasa cinta yang mengawali sebuah pernikahan bisa saja luntur atau terkikis oleh waktu. Ciye… :D

Eh, tapi serius, di lingkungan saya banyak sekali yang mengalami ini. Bagaimana dengan saya? Ya sudah pasti ada, dong, ya. Namanya juga pernikahan…

Sebelum membahas bagaimana mengatasi kebosanan dalam rumah tangga, kita cari tau dulu, yuk, penyebabnya apa sih?

Faktor eksternal

Faktor ini bisa jadi karena kesibukan masing-masing pihak. Bisa jadi juga karena salah satu dari suami atau istri memiliki dunia baru yang lebih dinamis. Berkenalan dengan teman baru, bergabung dalam komunitas tertentu, dan seterusnya. Banyak yang beranggapan faktor eksternal penyebab kebosanan dalam pernikahan selalu disebabkan hadinya orang ketiga. Menurut saya, nggak selalu. Ada kemungkinan itu, apalagi di era internet seperti sekarang ini, selingkuh tak lagi bersifat fisik, selingkuh teks di era social media sangat mungkin terjadi, lho.

Faktor internal

Salah satu faktor internal bisa jadi karena baik istri ataupun suami merasa tak diapresiasi satu sama lain. Misalnya, istri yang masak dan mengurus rumah tangga sekaligus bekerja tapi tak pernah sekalipun suami memujinya. Atau suami mendapat promosi di kantor sehingga tak hanya gaji yang makin tinggi, beban kerja pun demikian, istri bukannya menghargai bertambahnya pendapatan keluarga tapi hanya mengeluhkan waktu suami yang makin sempit. Faktor internal lainnya, menurut saya justru ada di hal-hal kecil, seperti penampilan masing-masing saat di rumah. Kita, sebagai istri kadang sibuk dandan kalau mau ke luar rumah, sementara di depan suami tampil apa adanya (baca: daster robek!). Baca artikel Tetap Menarik Di Depan Suami ini sebagai referensi!

Jujur saja deh, kita yang perempuan juga senang kan melihat lelaki yang penampilannya rapi, keren, belel, dan seterusnya (atau sesuai dengan selera masing-masing, deh). Tapi kalau suami doyannya pakai kaos singlet, sarung, celana lusuh saat di rumah? Duuuuh, enggak banget, ya? (nah, catatan nih, buat para suami. Jangan hanya menuntut istri tampil kece, tapi kalian juga ya!)

Lalu bagaimana mengatasi kebosanan ini? Baca di halaman selanjutnya!


2 Comments - Write a Comment

  1. Alhamdulillah, dah 12 tahun nikah tapi belum merasa bosan :D
    Selalu ada hal2 menarik & baru yg selalu bisa gue & hubby sharing & juga krn komunikasi jalan terus.
    Makin lama nikah bikin gue & hubby lebih solid sebagai team work (bukan cuma sebagai lovers ;) )

Post Comment