DIY: Shoe Box Doll House

Suatu hari, saya sedang berada di daerah Cibadak, Bandung. Ini seperti daerah Asemka, deh, kalau di Jakarta. Sebetulnya tujuan utama ke daerah ini untuk mencari isi bean bag, tapi namanya namanya bawa anak ke jalanan yang isinya penuh dengan mainan, kamipun berhenti di sebuah toko yang di etalasenya memajang berbagai macam mini figures tokoh-tokoh kartun all time favorit. Menik pulang membawa satu kantung plastik berisi enam putri dari Disneyland. Ada Snow White, Alice, Tiana, Mulan, Ariel, dan Cinderela.

Ketika bermain di rumah, saya teringat dulu pernah diajak membuat rumah boneka dari berbagai bekas dus, dan akhirnya saya mengajak Menik untuk duduk sebentar (sekalian time out gitu, hahahaa, toddler kenapa energinya banyak banget, ya?) membuat rumah boneka untuk putri-putrinya. Mommies mau buat juga? Ini gampang banget, kok! Bahannya pun mudah.

Bahan:

Dus sepatu bekas

Kertas kado

Majalah interior bekas, atau print setelah mencari gambar sendiri

Cutter, gunting, lem

Untuk pelengkap, saya bikin pom pom kecil. Tutorialnya bisa dilihat di video ini. Biar kecil gimana? Potong bentuk setengah lingkarannya jangan diujung kertas, tapi hampir mendekat ke tali pengikat. Iya, dipendekin langsung saat memotong kedua ujungnya.

dollhouse1

Cara membuat:

Tempelkan kertas kado di seluruh bagian dus sepatu. Untuk bagian tutupnya, sesuai selera saja. Boleh ditempel kertas kado juga, atau tidak.

Setelah itu, buat dua lubang jendela dan satu lubang pintu di bagian tutup dus sepatu. Jika mau lebih cantik, tempelkan gambar rumput atau pagar di bagian samping pintu, dan di bawah jendela. Saya skip ini, karena Menik bilang nggak mau pake rumput. -___-“

Tempelkan gambar interior yang sudah disiapkan.

Gantungkan pompom kecil dengan cara melubangi sedikit bagian atas dus, masukkan tali, simpul mati. Ceritanya chandelier, gitu, hehe.

Selesaaiii!

dollhouse5

dollhouse4

dollhouse3

Mudah sekali, kan? Selain alat bermain, rumah boneka dari dus sepatu ini bisa dijadikan tempat penyimpanan boneka kecilnya. Dan karena ringkas, rumah boneka ini juga mudah dibawa kemanapun. Jadi misalnya si kecil mau sleep over ke rumah saudara atau teman, mereka bisa membawa rumah bonekanya, deh!

Oh iya, selain rumah boneka, dus sepatu ini juga bisa disulap jadi supermaket, bengkel, pom bensin, sekolah, dan lainnya. Tinggal kumpulkan gambar untuk ditempel di dalam dus sepatu sesuai tema. Selamat berkreasi, Mommies! :D


Post Comment