Karena Hidup Sehat, Tidak Perlu Ditunda!

Glucose level blood test*Gambar dari sini

Beberapa waktu lalu saya datang ke acara ulangtahun Tropicana Slim yang ke-40. Wah, sudah 40 tahun saja, luar biasa!

Selama ini kita mengenal Tropicana Slim mungkin bagi mereka yang penderita diabetes, ya. Padahal dari sebuah data, Indonesia masuk 10 besar negara dengan penderita diabates terbanyak. Serem ya…dan, yang lebih seram, kalau dulu diabetes dikenal sebagai ‘penyakit orangtua’ atau penyakit keturunan, maka sekarang 80% penderita diabetes adalah akibat dari pola hidup, banyaknya lemak di sekitar perut, dan kurang olahraga.

Di acara ini saya sempat tes gula darah, hasilnya 122. Padahal beberapa bulan sebelumnya, saya juga sempat tes gula darah, hasilnya cukup memuaskan yaitu 88 sementara ambang batas normal sampai 140. Hasil di hari itu, walaupun masih relatif jauh dari ambang batas normal, tetap bikin saya deg-degan. Kok bisa naik segitu banyak? Memang sih, dibanding sebelumnya di mana tes saya lakukan di pagi hari dan belum sarapan, yang kemarin itu dilakukan setelah makan siang plus dessert Bolu Meranti Keju :D

Ada beberapa hal yang saya catat dari acara kemarin yang juga menghadirkan Mbak Susana, STP, MSc, PD.Eng selaku Kepala Divisi Nutrifood Research Centre, Brigjen TNI dr. Aris Wibudi, SP, PD-KEMD selaku Ketua Tim Dokter Kepresidenan RI dan Mbak Dewi Subrata blogger yang juga penderita diabetes. Ini catatan saya:

  • Pilihlah makanan yang menyerupai bentuk aslinya, tidak memiliiki rantai panjang dan tidak menyebabkan gula darah naik. Kalau melihat makanan zaman sekarang memang sangat beragam ya, apalagi banyak sekali produk makanan instan. Memang, tak semuanya baik, tapi kalau saya prefer untuk makanan yang fresh alias dimasak saat mau dimakan.
  • Rajin-rajin baca kemasan. Nah, ini nih, kadang kita hanya peduli merek atau klaim yang ada di kemasan. Yang rendah kalori belum tentu rendah gula, atau kadar sodiumnya bagaimana? Fyi, dalam sebungkus mie instan sodiumnya itu mencapai 50-60% batas maksimal konsumsi garam per hari, lho! Baca artikel ini untuk belajar membaca kemasan.

Selanjutnya: Berapa batas wajar konsumsi gula per hari? >>


3 Comments - Write a Comment

  1. gw udah ganti dari nasi putih ke nasi merah. karena emang gw suka makanan yang plain baca: makan bakso tanpa kecap dan saos) jadi berasa biasa aja. Lagi berusaha tetep rajin olahraga nih, tapi agak kurang berhasil kayaknya hehehe

Post Comment