SK-II Untuk Ibu Hamil, Amankah?

SKII

Kalau melirik forum Female Daily, tahu dong salah satu merek yang paling sering diperbincangkan di forum? Merek SK-II memang laris manis sekali di kalangan member Female Daily, sampai-sampai pada saat saya browsing posting-an para member Female Daily untuk kontes #LafayetteHeartsYou di Instagram Female Daily salah satu merek yang terus-terusan muncul adalah SK-II! Kalau produk yang kerap juga muncul dari SK-II tentu saja Facial Treatment Essence. Pasti bumil tidak ingin kalah dong dari yang lain ingin juga memakai produk SK-II agar kulit mereka terlihat ‘Crystal Clear’ walaupun sedang hamil. Benar tidak?

Nah, tapi yang jadi pertanyaan apakah memang produk ini aman dipergunakan oleh bumil? Ketika saya mengonfirmasi perihal tersebut ke pihak SK-II jawaban mereka adalah aman karena produk SK-II sesungguhnya adalah produk kosmetik dan tidak mengandung obat. Oleh karena itu sebagai produk jual bebas, ragam produk SK-II aman digunakan bumil dan tentu saja dong selama masa kehamilan perempuan tetap harus menjaga kondisi kulit wajahnya biar setelah hamil tetap kinclong!

Apakah ada kandungan yang berbahaya untuk digunakan untuk bumil? Jika mengacu pada artikel ‘Penggunaan Skincare dan Kosmetik Saat Hamil’ maka empat kandungan yang patut diwaspadai adalah:

  • Retinoid – biasa ditemui pada produk anti-aging.
  • Asam salisilat (BHA) – banyak dipakai pada toner dan exfoliator.
  • Hidroquinon – seharusnya sudah tidak dijual bebas dan hanya dipakai dengan pengawasan dokter untuk produk-produk pencerah wajah.
  • Benzoil Peroksida – terdapat pada obat jerawat.

Asam salisilat sendiri masih banyak yang beranggapan tidak berbahaya selama kadarnya tidak tinggi. Seperti halnya kadar yang terkandung pada kebanyakan toner sebenarnya aman digunakan oleh bumil apalagi karena penggunaannya adalah topikal. Tapi kembali lagi kepada individu masing-masing, yang penting apapun yang kita pakai kita merasa nyaman.

SK-II sendiri adalah produk yang dibuat dan diolah di Jepang di mana diketahui standar mutu mereka. Apalagi jika berbicara mengenai produk kecantikan, SK-II adalah salah satu yang terbaik, jadi sudah tidak usah dipertanyakan lagi klaim mereka. Produk yang digunakan pun di dapat dari alam dan kandungan utama yang digunakan pada produk ini yaitu Pitera adalah hasil fermentasi yang dinilai lebih bermanfaat bagi kulit.

Jadi sekarang setelah yakin bahwa produk SK-II aman untuk bumil, produk apa saja sih yang bisa dan disarankan untuk dipakai? Mau tahu? Simak rekomendasi saya di beberapa halaman berikutnya.


13 Comments - Write a Comment

  1. Gue bukan ibu hamil, tapi jadi keracunan juga sih Mal?

    FTE udah make, sama beberapa serumnya. Tapi si cellumination mask in lotion ini menggoda amat sih! Si aura-aura itu juga menggoda. Ah elu Maaaal… tanggung jawab!

  2. FD ini bikin jadi “keracunan” SK II juga… hahaha
    kulitku yg sensitif pun temenan baik ama FTE ini, sukak banget dech ama produk ini :)
    sayang di kotaku ga da counternya & beli online datengnya lama :(
    *curcolyg lagi nunggu paketan SK II

  3. Mau tanya boleh ga DeSzell?
    Aku pake clear lotion,fte, facial treatment repair C dan whitening source derm brightener kok muka bruntusan parah yaa n agak gatal… karena hormon atau memang ga cocok produknya ya? Oya aku hamil almost 10week.. trus produk wsdb nya aman ga utk bumil?
    terima kasiiih

  4. Hi Alodita…

    Mau tanya, SKII kan mengandung methylparaben? Is it safe for pregnant woman?
    Di beberapa artikel bilang kalau paraben ini salah satu yng perlu di hindari sama ibu hamil?

    Menurut Alodita gimana?

    Thanks in a bunch.. :)

Post Comment