Bebas Dot Berkat Medela Softcup Advanced Feeder

Breastfeeding*foto dari sini

Keberhasilan memberikan ASI ternyata banyak syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah jangan mengenalkan bayi pada dot.  Anjuran ini saya dengar sendiri ketika sedang konsultasi ASI, waktu itu konsultan laktasi di Klinik Laktasi yang saya kunjungi bilang, “Jangan beri dot sebagai media pemberian ASIP kepada bayi !”

Kaget? Pastinya. Sebagai working mother,  setahu saya 99% bayi yang ditinggal ibunya bekerja pasti minum ASIP dari botol dan dot.  Saya pun lantas bertanya, “Lalu, pakai apa dong?”. Konsultan tersebut menjawab, “Gunakan cup feeder atau sendok”.

Memang, sih, saya pernah membaca berbagai litelatur atau artikel yang menyebutkan beberapa efek buruk penggunaan dot. Selain ketagihan ngedot, bayi juga bisa mengalami bingung puting. Maksudnya, anak lebih senang memilih minum ASIP dari botol dot daripada menyusu langsung. Hal ini disebabkan karena mekanisme menyusu lewat botol dot lebih mudah ketimbang menyusu pada payudara.

Kalau minum melalui botol dot, aliran ASI otomatis akan keluar jauh lebih lancar, bayi pun nggak perlu repot mengeluarkan tenaga lebih untuk mengeluarkan ASI pada puting ibunya. Makanya, semua konselor ASI selalu menyarankan untuk mencoba ganti cara pemberian botol dot dengan cangkir kecil, pipet tetes atau sendok.

Nggak mau anak saya sampai mengalami bingung puting, saya pun bertekad tidak akan memakai media dot. Makanya, sekitar dua minggu sebelum cuti bersalin saya habis, Reyna sudah mulai saya perkenalkan minum ASI dengan Medela Cup Feeder. Memang, sih, diawal-awal anak saya ini seringkali kesedak. Sedih sekali  melihatnya. Untuk itu saya pun mencoba memberikan ASI dengan sendok. Cara ini pun ternyata berhasil, Reyna tidak tersedak.

Sayangnya, di hari pertama saya tinggal bekerja, pengasuhnya bilang kalau Reyna menjadi cranky, karena kecepatan pemberian ASIP lewat sendok tidak sejalan dengan kebutuhannya. Akhirnya malam itu juga saya meminta suami membelikan Medela SoftCup Advanced Feeder.

Selanjutnya : Kemudahan memberikan ASIP dengan Medela Softcup


3 Comments - Write a Comment

  1. Wah keren…sayangnya terlambat tau… jadinya dulu anak saya cuma sukses asi sampe 8 bulan aja, setelah dikasih asip dari dot ga mau lagi dari badan. Ya sudahlah mungkin nanti buat anak kedua, yang belum tau kapan.

Post Comment