Merawat Orangtua: Di Rumah Atau Rumah Jompo?

hug-elderly-dad-400x400

Jumlah lansia sekarang ini semakin meningkat. Hal ini tidak hanya terjadi di negara-negara maju, tetapi di Indonesia pun terjadi hal yang serupa. Saat ini di Indonesia terdapat sekitar 10 juta orang yang berusia di atas 65 tahun (4,6 % dari seluruh jumlah penduduk). Bahkan, Indonesia termasuk salah satu negara, di mana proses penuaan penduduknya terjadi paling cepat di Asia Tenggara. Hal ini dapat terjadi berkat meningkatnya perbaikan kondisi kesehatan dan kemajuan teknologi kedokteran.

Peningkatan dalam tingkat harapan hidup manusia memang patut untuk disyukuri, namun di sisi lain kondisi ini menimbulkan polemik baru dalam kehidupan bermasyarakat maupun berkeluarga.

Ketika seseorang sudah mencapai usia tua di mana fungsi-fungsi tubuhnya tidak dapat lagi berfungsi dengan baik maka lansia membutuhkan banyak bantuan dalam menjalani aktivitas-aktivitas kehidupannya. Belum lagi berbagai penyakit degeneratif yang menyertai keadaan lansia membuat mereka memerlukan perhatian ekstra dari orang-orang disekelilingnya.

Merawat lansia tidak hanya terbatas pada perawatan kesehatan fisik saja namun juga pada faktor psikologis dan sosiologis. Perlu diingat bahwa kualitas hidup lansia terus menurun seiring dengan semakin bertambahnya usia. Penurunan kapasitas mental, perubahan peran sosial, dementia (kepikunan), juga depresi yang sering diderita oleh lansia ikut memperburuk kondisi mereka. Hal ini masih ditambah dengan manifestasi yang kompleks dari depresi.

Selanjutnya: Bagaimana cara untuk merawat lansia (dalam hal ini, orangtua kita) agar mereka dapat melalui kehidupannya dengan lebih baik?


Post Comment