Kenapa Imunisasi Harus Sesuai Jadwal?

Imunisasi-Cara-Paling-Aman-Untuk-Melindungi-Kesehatan-Bayi

Semua orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Bila Anda mampu melindungi anak dari segala bahaya, akankah Anda melakukannya? Pasti. Termasuk juga, melindungi anak dari penyakit yang berpotensi berat dan mengancam jiwa.

Bila seorang anak mendapat imunisasi, maka 80-95% akan terhindar dari penyakit infeksi yang ganas. Semakin banyak bayi dan anak yang terimunisasi, maka penyebaran penyakit pun akan semakin sedikit dan rantai penularan terputus dari anak ke anak lain atau ke orang dewasa yang tinggal bersamanya. Ini memberikan keuntungan sosial, karena 5-20% anak yang tidak diimunisasi juga akan terlindungi (disebut herd immunity atau kekebalan komunitas). Dengan melakukan imunisasi, kita melindungi anak, orang-orang tercinta, dan masyarakat sekitar kita dari penyebaran berbagai penyakit.

Imunisasi akan menurunkan tingkat penyakit berat, yang selanjutnya akan menurunkan biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit, mencegah kematian dan kecacatan yang dapat menjadi beban masyarakat seumur hidup.

Para ibu tentunya sudah sering melihat jadwal imunisasi Rekomendasi IDAI, terutama bagi yang memiliki anak kecil. Pernahkah Anda bertanya-tanya dalam hati, kenapa harus sesuai jadwal ini? Kenapa ada yang diberikan hanya satu kali, sedangkan yang lain ada yang harus dua, tiga, bahkan enam kali? Kadang dokter anak mengatakan, “Imunisasi yang berikutnya ini jangan terlambat ya…”

Selanjutnya: Klik di sini untuk tau jawabannya! >>


Post Comment