Gelisah Saat Menyusui? Bisa Jadi D-MER

 IMG_7942 Pernah gak sih, Mommies ngerasain perasaan “aneh” ketika menyusui atau pumping?

Perasaan sendu yang entahlah seketika campur aduk dari mual, perut bergejolak seperti gugup, sampai perasaan bersalah yang Mommies sendiri pun tidak tahu kenapa. Aneh memang, tapi itu semua sering kali saya rasakan sejak awal menyusui, hampir setengah tahun yang lalu, sampai saat ini. Awalnya saya cuma tiba-tiba ‘ngeh kenapa setiap menyusui kok suka tiba-tiba mual (mirip mual saat nervous) dan gelisah.

Saya sempat mengeluh pada suami yang ditanggapi bingung juga olehnya dan tidak terjawab. Belakangan, saya sadar kalau perasaan “aneh” itu tidak cuma muncul saat menyusui saja, tetapi juga kadang saat pumping di kantor. Akhirnya, karena benar-benar penasaran dengan si perasaan “aneh” ini, saya memutuskan untuk melakukan riset sendiri dengan bantuan Google. Setelah sempat gonta-ganti keyword, akhirnya Google membawa saya pada istilah yang baru saja saya ketahui, yaitu D-MER.

Apa itu D-MER?
D-MER atau Dysphoric Milk Ejection Reflex adalah keadaan di mana perasaan-perasaan negatif (gugup, gelisah, bersalah, rindu, marah, dll) muncul sebelum proses letdown ASI. Biasanya akan hilang dengan sendirinya beberapa saat setelah letdown pertama selesai atau berlangsung selama menyusui. Ini sangat tepat menggambarkan apa yang saya rasakan selama proses awal menyusui.

Dysphoric sendiri merupakan bentuk kata sifat dari dysphoria yang merupakan lawan kata dari euphoria. Tidak semua ibu menyusui merasakan atau paling tidak ‘ngeh dengan sensasi dysphoria ini. Namun, bagi yang merasakan dan bertanya-tanya, jangan khawatir, karena ternyata, D-MER bukanlah kondisi yang menyangkut faktor psikologis, melainkan faktor fisiologis. Seperti yang tertulis juga di website D-MER.org, D-MER bukanlah bentuk lain dari suatu depresi dan merupakan hal berbeda dengan PPD (Post Partum Depression). Untuk dipahami juga, D-MER bukan sesuatu yang dapat dikontrol oleh Mommies, bukan juga sesuatu yang cuma ada di kepala yang bisa dihalau.

Selanjutnya: Apa penyebab D-MER? >>


Post Comment