Bolu Lapis Krim Keju

Tiap datang di acara pesta, saya selalu mencari kue bolu lapis krim keju di deretan dessert. Rasanya yang manis dengan wangi vanilla dan sedikit sensasi gurih dari keju sangat saya sukai.

Kebetulan, seorang tante saya jago sekali membuat kue ini. Jadi, tiap beliau membuat kue itu, saya senang sekali. Saya bisa makan berpotong-potong sekali makan lho! :D

Nah, waktu saya mulai belajar baking, salah satu resep yang saya cari adalah kue ini. Awal-awal sih bingung ya, karena saya nggak menemukan resep yang pas.

Namun setelah mulai agak paham dunia per-kue-an, saya pun menilai bahwa meski namanya bolu, kue ini sejatinya adalah sponge cake rasa vanilla. Tinggal dikasih lapisan buttercream dan diberi taburan keju parut, jadi deh.

Menurut saya nih, selain sponge cake-nya yang harus mengembang dan empuk, kekuatan kue ini terletak pada buttercream-nya. Pilihlah buttercream yang enak dan berkualitas agar kue tidak terasa murahan. Bisa buat sendiri atau beli saja yang siap pakai.
Anyway, berikut ini resep yang sering saya gunakan dan selalu disukai Nadira juga keluarga saya (plus saya sendiri :D). Selamat mencoba! :)
IMG_20140405_173907
Bahan:
6 butir telur
125 gr gula pasir
100 gr terigu
20 gr maizena
20 gr susu bubuk
100 gr margarin, dilelehkan
1 sdm emulsifier
1 sdm air es
1/2 sdt baking powder
1 sdt vanili bubuk

Olesan :
Buttercream siap pakai
Keju parut
Cherry merah (opsional)

Cara membuat:

  • Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan vanili bubuk sampai putih dan kental.
  • Masukkan campuran terigu, susu bubuk, maizena dan baking powder yang sudah diayak ke dalam adonan telur, aduk merata.
  • Tuang air es, aduk rata.
  • Masukkan margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata dengan teknik aduk balik.
  • Tuang adonan kue ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan ditaburi terigu/dilapisi kertas roti.
  • Panggang dengan suhu 180 derajat sampai matang – sekitar 30 menit.
  • Setelah dingin, olesi kue dengan buttercream secara merata. Lalu taburi dengan keju parut dan hias dengan cherry merah.

Note:

  • Saya menggunakan buttercream siap jadi merek Hollman. Menurut saya, buttercream ini rasanya enak sekali, mirip es krim. Tinggal ditambah 1-2 sdm susu bubuk, lalu dikocok hingga mengembang dan langsung bisa dipakai. Kalau ingin berwarna, tinggal diberikan beberapa tetes pewarna saja.
  • Teman saya pernah menggunakan premix es krim vanilla kemasan siap pakai untuk pengganti buttercream. Rasanya enak juga lho.
  • Lebih bagus kue ini dipanggang di loyang berbetuk kotak. Sehingga kue bisa dipotong kotak-kotak, bisa disajikan untuk kue potongan.

One Comment - Write a Comment

Post Comment