Manfaat Hubungan Intim Bagi Kesehatan

Tom W. Smith, dalam American Sexual Behaviour Study mengatakan ada hubungan yang kuat antara perkawinan yang bahagia dan frekuensi hubungan seksual. Saya sendiri percaya akan hal ini. Meskipun saya dan suami nggak pernah punya jadwal khusus dan mengharuskan melakukan hubungan intim setiap hari, tapi kami berdua percaya kalau aktivitas seksual yang sehat bisa memengaruhi aktivitas sehari-hari. Baik secara fisik ataupun psikologis. Yang terpenting buat kami, saat melakukan hubungan intim harus harus dilakukan tanpa tekanan.

Sejumlah penelitian juga banyak membuktikan bahwa aktivitas seksual yang dilakukan secara teratur, bersih dan sehat memberikan banyak manfaat. Nggak percaya? Simak beberapa penelitian yang sudah saya rangkum ini, deh!

Jarang Sakit

Dr. Ted Mcllvenna dari San Fransicos Institute for Advanced Study of Human Sexuality yang menyimpulkan orang yang melakukan aktivitas seksual jarang mengalami sakit. Seseorang yang aktif melakukan hubungan seksual juga merupakan orang yang berkarakter, senang berteman dan menikmati hidupnya .

Perpanjang Umur

Alex Comport, konsultan seksologi yang telah melakukan observasi tentang kehidupan seksual manusia selama dua puluh tahun. Ia mengungkapkan bahwa orang yang melakukan aktivitas seksual memiliki umur harapan hidup lebih lama. Selain itu,  dalam buku The Secrets of Sexual Satisfaction, sang penulis Yvone K Filbright, PhD juga menuliskan kalau pria yang mengalami orgasme sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu juga memiliki hidup yang lebih lama dibandingkan dengan pria yang orgasmenya lebih sedikit.

Membakar Kalori

Dr. Alfred Franger, guru besar obstetri dan ginekologi dari Medical College of  Winconsin memperkirakan, selama melakukan hubungan seksual, sebanyak 4,2 kalori dari tubuh wanita akan terbakar di tiap menitnya.

Menguatkan Tubuh

Seks menguatkan otot panggul tapi jika dilakukan secara teratur. Demikian pendapat Giovanna Ciccarelli, instruktur fitness di NYCs Equinox Fitness Center. Katanya, ketika terjadi kontraksi saat mengalami orgasme, saat itulah otot panggul kita berkontraksi keras yang kemudian akan lebih menguatkan tubuh, perut dan punggung.

Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian Winnifres Cutler, dokter spesialis endokrinologi dan pimpinan Athena Institute for Women’s Wellness di Pennsylvania menunjukkan bahwa wanita yang berhubungan intim paling nggak satu kali dalam seminggu cenderung tidak bermasalah dalam hal fertilitas, ketimbang perempuan yang jarang melakukan hubungan intim dengan pasangannya.

Cutler juga mendapatkan bahwa wanita yang menikmati hubungan seksual yang dilakukan secara teratur, memiliki tingkat estrogen yang lebih tinggi dalam darah. Di mana estrogen ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, merendahkan kadar kolesterol namun meningkatkan kolestrol HDL, memelihara kepadatan tulang, menjaga kulit tetap kenyal, dan mencegah depresi.

Melawan Infeksi Penyakit

Dr. Dudley Chapman, ginekolog yang telah melakukan penelitian terhadap 24 pasien kanker payudara mendapatkan ,mereka yang pernah mengalami atau mencapai orgasme secara teratur, memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Karena orgasme akan meningkatkan sel-sel yang berfungsi untuk melawan infeksi penyakit hinga 20%.

Mengurangi Stres

Seks mengurangi stres, orgasme juga konon bisa ibaratkan sebaga obat penenang. Saat orgasme, di mana otot-otot tubuh mengejang, saat itu kita mengalami saat-saat yang rileks dan menyenangkan. Beverly Whipple dan Baray Komisaruk dari Univercity of Rutgers menemukan, perempuan yang menderita radang sendi atau sakit otot leher, dapat meringankan rasa sakitnya dengan aktivitas seksual.

Sebuah studi yang dilakukan psikolog Amerika, Gordon Gallup terhadap hampir 300 perempuan  telah membuktikan kalau tingkat depresi perempuan yang aktif secara seksual jauh lebih rendah ketimbang yang jarang melakukannya. Gallup juga berspekulasi bahwa air mani mengandung beberapa hormon yang mungkin memiliki efek meningkatkan suasana hati ketika mereka diserap melalui dinding vagina ke dalam aliran darah.

Lebih Bersahabat

Institute for Advanced Study of Human Sexuality mengemukakan bahwa,orang yang memiliki kehidupan seksual yang baik, mereka jarang khawatir, cemas, gelisah, tidak pemberang dan tidak memilki sifat bermusuhan.

—–

Nah, jadi gimana Mommies? Masih ragu untuk melakukan hubungan seksual dengan aktif? Meminjam tagline Nike, mungkin just do it aja, ya :D