Editor’s Picks: 3 Produk Tabir Surya Untuk Anak

Sudah baca artikel kalau ‘Tabir Surya, Tak Hanya Untuk Orang Dewasa‘ kan? Kalau belum, baca dulu artikel penting ini sebelum terlambat. Memang benar waktu anak kita masih baru lahir banyak pesan dari orangtua dan juga dokter untuk banyak-banyak menjemurnya langsung di bawah paparan sinar matahari pagi. Kata kunci di sini sebenarnya adalah pagi, bukan sinar matahari. Di pagi hari memang sinar matahari belum begitu kuat. Dari artikel tersebut juga diketahui bahwa walaupun kita menggunakan tabir surya yang membantu memberikan “penyaringan” terhadap radiasi sinar Ultra Violet (UV), akan tetapi tetap disarankan untuk menghindari terpapar langsung dengan pancaran sinar matahari antara pukul 11.00 – 14.00. Wah, padahal untuk anak yang sudah beraktivitas ini adalah waktunya mereka sedang senang-senangnya main di luar. Apalagi kalau anak sudah sekolah – baik untuk anak yang sudah di bangku TK maupun SD, ini adalah jamnya di mana mereka pulang sekolah dan kalau pulang sekolah pasti deh sibuk main di luar dulu.

Nah, dengan memberikan tabir surya yang pas, yaitu yang memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB seperti yang disebutkan di artikel tersebut maka kita memberikan bekal untuk anak kita melawan bahaya sinar UV. Caranya? Dengan memilih tabir surya yang memiliki label SPF dan PA. Untuk selengkapnya, baca artikel yang saya sebutkan, ya, mommies :)

Sejak Raysa masih kecil, saya sudah membiasakannya untuk memakai tabir surya. Kalau alasan saya sih sederhana, saya saja kulitnya jadi menghitam :p. Dari berbagai produk yang pernah dicobanya, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi dari saya kalau mommies sedang mencari produk tabir surya yang tepat untuk si kecil.

bananboat1. Banana Boat Kids SPF 50+ Roll On

Sebenarnya, secara general saya sangat menyukai produk dari Banana Boat. Karena memang produknya bisa dipercaya kualitasnya dan juga efektivitasnya dalam memberikan perlindungan terhadap sinar UV. Dulu, sih, sebelum banyak produk tabir surya yang masuk ke Indonesia saya selalu merasa produk ini sangat mahal. Tapi setelah ditilik lagi, memang produk tabir surya yang bagus tidak ada yang murah.

Untuk produk Banana Boat Roll On ini sayangnya tidak ada di Indonesia. Bahkan sepertinya jenis ini hanya dijual di Australia. Tapi saya beberapa kali menemukannya di online shop yang menjual perlengkapan bayi. Kalau malas susah mencari produk roll on ini di online shop, bisa memilih produk lain dari Banana Boat. Mereka bahkan memiliki versi tabir surya untuk olahraga yang tahan air sehingga aman untuk digunakan untuk berenang.

Kenapa saya menyukainya? Selain memiliki efikasi yang sama dengan produk Banana Boat lainnya, keunggulan produk ini adalah kemudahan penggunaannya. Mirip seperti deodoran. Tektur produknya pun tidak sekental produk Banana Boat lainnya sehingga mudah sekali diratakan di kulit.

Untuk perlindungannya sendiri disebutkan produk ini memberikan broad spectrum protection, artinya memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB. Akan tetapi di produk hanya dituliskan SPF 50+ tanya penyebutan faktor PA. Tapi kalau dari pengalaman, selama Raysa memakai produk ini, bahkan untuk berenang sekalipun, kulitnya tidak pernah kering berlebihan setelah terkena paparan sinar matahari langsung. Sedangkan salah satu efek dari photoaging yang disebabkan adalah UVA adalah kekeringan pada kulit dan kerusakan tekstur kulit.

Selanjutnya: Review dari pemakaian Avene dan Skin Aqua>>


3 Comments - Write a Comment

  1. Mal,

    Avene ada keluarin juga seri untuk anak-anaknya. Sayang belum ada di Indonesia.
    Modelnya agak kental sih, jadi aplikasinya makan waktu :) Jadi biasanya gue pake di muka aja. Untuk badan, gue prefer model semprot atau yang cukup cair kayak Skin Aqua. Bisa juga biore yang gel.

    Btw, kalau anak-anak mukanya udah pake sunblock gini, cuci mukanya pake apa sih?
    Atau yang khusus untuk anak2 relatif lebih aman?

  2. Itu banana boat roll on kayanya enak juga ya. Makenya gampil gitu. Sekarang Langit pake yang keluaran Mothercare, lumayan sih tapi emang agak sulit diratain. Nah, pernah coba pakein skin aqua juga, enakeun karena rada cair jadi lebih gampang makenya.

Post Comment