Kebun Raya Bogor 101

KRB1

Mungkin banyak orangtua yang ingin mengajak anak-anaknya berwisata ke Kebun Raya Bogor, namun bingung di sana bisa melakukan kegiatan apa saja dan  apa saja yang harus dipersiapkan. Kali ini kami akan sharing kiat menikmati Kebun Raya Bogor secara maksimal, khususnya bila datang bersama anak-anak. Yuk, kita mulai ya :)

  • Kapan waktu terbaik untuk berkunjung?

Usahakan datang ke KRB pada pagi hari supaya mendapatkan anak-anak pun dapat puas bermain tanpa khawatir kepanasan maupun kehujanan. Seperti kita ketahui, Bogor adalah kota yang mempunyai curah hujan tinggi dan biasanya sekitar jam 12 siang langit sudah mulai mendung menandakan akan segera turun hujan saat itu juga maupun sore harinya.  Selain itu , bila datang di pagi hari, kita masih bisa menikmati langit biru yang cerah tanpa awan, bunyi kicauan burung-burung di sekitar pohon dan udara paginya pun sangat menyegarkan.

Catatan: Saat hujan lebat sangat disarankan untuk keluar dari area KRB karena dikhawatirkan terjadi angin kencang yang disertai hujan dan berpotensi merobohkan pohon-pohon besar yang sudah tua dan akarnya sudah tidak terlalu kuat lagi.

  • What to bring and what to wear?

Kenakanlah pakaian & alas kaki yang nyaman.
Bawa topi, payung, minuman, stroller (untuk balita) dan jangan lupa kamera untuk foto-foto.
Berencana piknik? Bawa tikar, minuman dan makanan yang cocok untuk piknik, losion anti nyamuk dan bantal kecil
Untuk anak-anak bermain di lapangan, bawalah bola, badminton, jaring untuk menangkap capung dsb.

  • Pintu masuk dan jam operasi Kebun Raya Bogor 

Jam operasi Kebun Raya Bogor adalah pukul  07.30-17.00 WIB.

Untuk hari Senin s/d Jumat, pintu masuk yang terbuka hanya Pintu 1 (Pintu Utama) dan ketika sore hari (mulai jam 3 sore), Pintu 3 pun akan dibuka untuk mempermudah akses masuk para pengunjung Kafe Dedaunan yang berlokasi di dalam KRB yang buka hingga jam 9 malam.

Untuk hari Sabtu dan Minggu, pintu masuk ke KRB yang dibuka adalah Pintu 1, 3 dan 4. Namun kalau boleh kami sarankan, akan lebih nyaman untuk masuk melewati Pintu 1 (Utama), karena di sebelah Pintu Utama terdapat Gedung Pusat  Informasi Kebun Raya Bogor di mana kita bisa meminta brosur dan peta tentang objek-objek menarik di dalam KRB. Di Pusat Informasi ini pula kita bisa menyewa Jasa Pemandu ( bila dibutuhkan) yang akan menemani kita berkeliling dan menjelaskan segala sesuatu tentang KRB.

  • Harga tiket masuk & jasa pemandu 

Harga Tiket Masuk (dewasa maupun anak) adalah  Rp.9.500,-/orang . Sedangkan harga masuk kendaran ke dalam area KRB untuk  roda empat  adalah  Rp.15.500,-  dan untuk roda dua/motor (hanya boleh parkir, tidak boleh masuk berkeliling) adalah  Rp.3.000,-

Bila berminat untuk menggunakan jasa pemandu maka akan dikenakan biaya Rp. 100.000,-/jam . Keuntungan menggunakan pemandu ini adalah kunjungan menjadi efektif dan kita bisa mendapatkan cerita tentang sejarah KRB, pengetahuan tentang dunia tumbuhan yang ditanam di KRB. Pemandu biasanya akan membawa kita langsung ke objek-objek menarik di dalam KRB sehingga kita tidak usah bingung mencari-cari sendiri.

  • Transportasi di dalam area Kebun Raya Bogor 

Untuk hari Senin sampai dengan Sabtu, kendaraan pribadi roda empat diperbolehkan masuk ke dalam area KRB (namun motor dan sepeda tetap tidak diperbolehkan masuk berkeliling).

Sedangkan untuk hari Minggu, kendaraan pribadi selain sepeda, dilarang untuk masuk dan hanya diperkenankan parkir di luar KRB.

Luas KRB mencapai 87 hektar dan bila  membawa anak-anak maka akan sangat melelahkan untuk berjalan kaki  menikmati semua tempat menarik di KRB (walaupun menggunakan stroller sekalipun). Maka kami sarankan sebaiknya pilihlah hari kunjungan di mana mobil bisa masuk kedalam KRB yaitu hari Senin s/d Sabtu.

Alternatif lainnya adalah bila kita tidak menggunakan mobil pribadi, kita juga bisa ikut Mobil Keliling resmi dari KRB yang akan membawa kita berputar mengelilingi KRB disertai dengan penjelasan lengkap saat tour. Harga tiket naik Mobil Keliling ini adalah Rp.10.000,-/orang dan bisa langsung berangkat bila kursi sudah terisi minimal 5 orang dalam 1 mobil. Halte  Mobil Keliling KRB ini bisa kita temukan di dekat loket tiket Pintu Masuk Utama (Pintu 1) atau Tugu Lady Raffles.

 Selanjutnya: Lokasi yang menarik dikunjungi di KRB >>


Post Comment