I Spy Game

Waktu anak-anak masih balita, saya selalu menemani mereka kalau main sore hari di taman. Bermain setiap sore di taman atau keliling komplek itu menyenangkan bagi mereka. Saya pun ikut senang mereka berlarian atau mengayuh sepeda.

Tapi, kadang saya gak hanya ingin mereka sekedar bermain, sementara saya hanya mengawasi. Apa salahnya sesekali diselipkan kegiatan belajar? Belajar sambil bermain itu sangat menyenangkan dan mudah ditangkap oleh anak.

Salah satu permainan yang beberapa kali kami mainkan adalah I Spy. Cara bermainnya mudah banget. Sebelum bermain, saya print dulu kertas untuk I Spy Game. Bisa saya bikin sendiri atau download dari beberapa web untuk kemudian saya print. Cara bermainnya, anak-anak diminta untuk mencari sesuai instruksi dari kertas yang saya berikan. Semacam main detektif-detektifan gitu, lah.

*gambar dari sini

Tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Ketika anak masih berusia playgroup, saya kasih kertas berisi gambar saja. Lalu meminta mereka menunjukkan benda yang sesuai dengan gambar yang diminta. Pelan-pelan permainan ditingkatkan, misalnya diberi 1 kata sederhana dan tetap ada gambarnya.

Permainan ini sangat menyenangkan buat Keke dan Nai. Apalagi kalau mereka berhasil menemukan benda yang diminta. Tidak hanya sekedar menyenangkan, lho. Dengan bermain I Spy, anak-anak juga belajar mencocokkan gambar hingga belajar membaca. Silakan dicoba, Mommies :)


Post Comment