Es Mambo Kacang Hijau

Beberapa waktu lalu, saat sedang beres-beres dapur, saya menemukan sekantong kacang hijau mentah di lemari, yang akan kedaluwarsa 6 bulan lagi. Saya pun sempat terpekur sebentar, memikirkan mau diapain ya kacang hijau ini.

Dibuat bubur, pasti kurang laris di rumah karena yang suka hanya suami saya saja. Dibuat sup, tambah nggak ada yang doyan hehehe..

Tak lama saya ingat, saya masih punya plastik es mambo di lemari. Nah, kenapa nggak bikin es mambo kacang hijau aja? Simple, praktis dan sehat. Anak-anak juga pasti suka karena sensasi dingin dan manisnya maknyus!

Sebenarnya untuk membuat es mambo ini, saya nggak pakai resep yang sakelijk ya. Intinya sih, seperti membuat bubur kacang hijau biasa, lalu setelah matang diblender. Selanjutnya, baru dimasukkan ke dalam plastik es mambo, dan didinginkan di freezer. Yum!

Bahan-bahan:

100 gram kacang hijau, rendam dulu sebelum dimasak, minimal 1 jam

1 liter air

Santan atau susu

Gula (sesuai selera)

¼ sdt Garam

2 lembar daun pandan

1 ruas jari jahe

Cara membuat:

  • Rebus kacang hijau, air, daun pandan dan jahe hingga empuk. Saya sih pakai slow cooker, jadi tinggal colok, lalu tidur deh. Besok paginya sudah matang :D
  • Masukkan gula, garam, dan santan/susu ke dalam kacang hijau rebus. Tambahi dengan air lagi jika konsistensinya terlalu kental. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan meresap. Dinginkan.
  • Setelah dingin, blender bubur kacang hijau hingga halus. Sebelumnya, daun pandan dan jahe diambil dulu ya agar tidak ikut ke-blender.
  • Masukkan ke dalam kantong plastik khusus es mambo. Dinginkan di dalam freezer hingga membeku.
  • Es mambo siap dinikmati.

Oh ya, es mambo ini bisa dibuat dari bahan apa saja. Bisa susu coklat, jus buah, atau macam-macam. Bentuknya juga bisa disesuaikan dengan selera. Jika Mommies punya cetakan es loli, bisa lho digunakan.

Gimana, mudah kan? Selamat mencoba!

 


Post Comment