OpenSnap, Mudahkan Wisata Kuliner

Namanya liburan, pasti menyenangkan, ya. Baik bersama keluarga besar ataupun para sabahat. Kalau dengan keluarga, saya memang sudah sering melakukannya. Sedangkan, liburan panjang bersama para sabahat belum pernah terwujud. Mengingat usia anak kami nggak beda jauh,  bisa liburan bersama pasti menyenangkan.

Sebenarnya, dua tahun lalu kami pernah merencanakan ke Bali bersama. Bahkan sudah sampai beli tiket segala. Ndilalah, ke dua sahabat mengurungkan rencana karena ada sesuatu hal yang mendesak. Jadilah, waktu itu yang melanjutkan niat liburan ke Bali hanya saya sekeluarga.

Nah, berhubung tahun ini banyak tanggal merah yang jatuh di akhir pekan, kami pun merencanakan liburan bareng (lagi). Apalagi saat ini anak-anak kami sudah lebih besar, jadi rasanya waktunya sangat pas. Nah, supaya bisa jalan-jalan tanpa rasa khawatir, kami para ibu pun saling bagi tugas.

“Dis, nanti loe bagian yang nyusun itinerary. Tapi diutamakan untuk wisata kuliner aja, ya. Lokasi tempat wisata yang dipilih kalau bisa juga jangan yang jauh-jauh dari penginapan kita,” pesan sahabat saya, Indie.

Ok. Mengingat tujuan liburan kali ini adalah Jogjakarta, yang memang banyak menawarkan makanan khas yang menggoda selera, kami sepakat untuk melakukan wisata kuliner. Syukur-syukur kalau nanti sempat mampir ke Kota Solo.

Buat kami, khususnya saya, berwisata ke suatu tempat rasanya memang nggak afdol tanpa mencicipi makanan khas daerah itu. Nggak jarang, lho, ketika wisata kuliner, kita juga bisa mendapatkan cerita di balik hidangan tersebut, khususnya soal budaya masyarakat setempat.

Jadwal wisata pun mulai saya susun. Termasuk memilih lokasi wisata untuk memanjakan lidah. Selain browsing sana-sini, dengan membaca berbagai review dari teman-teman food blogger, saya pun sangat terbantu dengan aplikasi OpenSnap. Aplikasi mobile produk Open Rice ini bisa membantu kita mencari berbagai informasi makanan.

opensnap

Caranya juga gampang banget, kok. Setelah didownload, kita langsung bisa explore review tempat makan yang direkomendasikan. Info detail seperti profil atau review restoran atau tempat makan dengan mudah bisa kita dapatkan. Bahkan kalau mau, kita juga bisa booking lewat aplikasi OpenSnap ini.

Saya sendiri mengetahui aplikasi OpenSnap karena memang diundang saat peluncurannya. Waktu itu Jenna Sung, Product Manager OpenSnap menjelaskan kalau aplikasi ini memang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta kuliner, sehingga bisa mendapatkan informasi lokasi tempat makan yang tepat dalam jangka waktu yang cepat dan efisien. Dan, yang pasti pengguna aplikasi OpenSnap juga bisa berbagi pengalaman lewat foto dan memberikan ulasannya.

Memang, sih, sekilas OpenSnap ini terlihat seperti Instagram, tapi sebenarnya beda, kok. Soalnya, OpenSnap dikhususkan hanya untuk makanan saja. Bahkan,fitur edit juga dibuat khusus untuk foto makanan. Di OpenSnap ini ada 4 fitur utama yang memang tidak dimiliki aplikasi lainnya. Mulai dari menampilkan foto makanan sebagai informasi terdekat untuk mencari restoran terdekat, bisa menciptakan album foto makanan pribadi, akses restoran yang begitu luas se-Asia, selain itu lewat OpenSnap kita juga bisa mendapatkan detail profil dari restoran.

Kalau mengingat habit masyarakat Indonesia yang doyan foto makanan sebelum disantap, rasanya, sih aplikasi ini sangat mendukung, ya! Termasuk buat saya yang punya rencana untuk melakukan wisata kuliner bersama para sahabat.

 


Post Comment