Aidan’s 6th Star Wars Birthday Party

Saya senang mempersiapkan pesta ulang tahun, apalagi pakai tema-temaan. Tapi tentunya kemampuan saya untuk nyiapin pesta semacam ini terbatas. Beruntung teman saya, Rahmi, emang spesialis menerima pesanan dessert table dan goody bag, dengan tipe yang sesuai dengan selera saya. Gak pasaran dan gak membosankan. Memang gak semua persiapan saya lepas ke Rahmi, karena itu tadi, saya senang nyiapin perintilan untuk ulang tahun, jadi kami bagi tugas saja. :)

Akhirnya kesampean juga cita-cita Aidan (dan Bunda) untuk bikin ulang tahun Star Wars. Fokus tema lebih ke Star Wars Episode 4-5-6, yang jadi kesukaan Aidan. Jadi pastinya Han Solo dan Millenium Falcon harus ada. Menu di dessert table yang jadi pilihan adalah Chocolate Asteroids dari coklat bulat-bulat berbagai bentuk, Clone Cupcakes dengan butter cream putih dan abu-abu, Cookie Wookie yang basically adalah choco chip cookies, Saber Sticks dari Pocky coklat, kebab marshmallow jadi Cloud City Chow, Yoda Soda dari sirup melon yang gak ada sodanya sebenernya, R2D2 H2O yang kebetulan banget saya dapat air mineral dengan botol bentuk bulat, dan pastinya Carbonite Jello dengan gambar Han Solo di dasarnya. Cake-nya sendiri saya pilih yang sederhana saja, red velvet cake dengan krim putih polos yang dihias dengan lego pesawat A-Wing Aidan.

Dekor dessert table ini juga simpel saja, blackboard yang ditulisi dengan kapur, ala opening scene Star Wars. Kalau diperhatikan memang ada typo dan salah tulis umur disitu, berhubung udah last minutes ditulisnya sama Rahmi. Umur Aidan jadi ‘Seventh’ disitu. Tapi gak papa, Aidan gak ngeh juga sepertinya. X)

Desser table ini hits banget, buat saya dan Aidan setidaknya. Walaupun rencana menggantung beberapa lampion kertas yang dicat menjadi planet gak kesampaian karena gak ada waktu buat ngerjainnya, tapi pesawat Millenium Falcon yang dibikin Rahmi dari kardus bekas sebagai ‘center piece’ dessert table sungguh keren luar bisa. Love, love, love!

Untuk goody bags, karena undangan yang gak banyak, jadi bisa yang agak ‘ribet’. Ini juga asli kreasi Rahmi. ‘Bangun Sendiri Galaxy Star Wars-mu’ yang berupa gantungan planet-planet untuk digantung di langit-langit kamar. Apa planet Hoth, Endor, Tie Fighters yang hand mada Rahmi, dan gambar X-Wing yang bisa ditulisi nama anak. Lengkap dengan petunjuk pembuatan, tentunya.

Itu untuk dibawa pulang oleh para Jedi kecil. Nah, saya juga menyiapkan apa yang bisa langsung dipakai bermain selama acara. Ada Jedi Knight Training Center yang menyediakan Jedi Starter Kit berupa robe dan belt simpel ala Jedi, topeng-topeng kertas, dan tentunya Lightsaber yang harus dibuat sendiri. Awalnya saya ingin membuat Lightsaber dari swimming noodle karena sudah berwarna dan ringan. Tapi karena tiba-tiba swimming noodle sulit dicari akhirnya harus car bahan lain. Pilihan jatuh pada kelondongan untuk kain, yang didapat setelah berburu di Cipadu. Anak-anak tinggal memilih gagang saber yang diinginkan, sudah berupa printing, tinggal ditempel dan pilih mau warna apa untuk sabernya, merah atau biru. Gimana memberi warnanya? Pakai lakban! Semua ini kemudian boleh dibawa pulang oleh Jedi Master kecil yang sudah lulus training, yang ditandai dengan sertifikat dari Master Yoda. :)

Tapi pastinya main lightsaber aja gak cukup. Jadi saya juga perlu nyiapain ‘permainan’ berburu harta karun. Ini rekues khusus dari yang ulang tahun. Mereka harus memecahkan banyak balon dengan lightsaber mereka, karena di dalam salah satu balon ada petunjuk pertama untuk mencari harta karun. Petunjuk berupa potongan kalimat menuju tempat disembunyikannya petunjuk berikutnya. Sampai akhirnya mereka mendapatkan peta letak si harta karun.

Permainan ini sebenernya sederhana saja. Petunjuknya pun sekedar ‘aku ada di pohon yang dahannya ada 2 + 1′. Tapi ternyata bagi anak-anak seru benget melakukannya. Sibuk baca petunjuk, lalu lari-lari keliling halaman belakang mencari lokasi petunjuk disembunyikan, kemudian membaca peta. Waktu menemukan si harta karun yang berupa kardus pun diusung ramai-ramai dan dibuka. Isinya coklat dan permen, macam isi pinata. Tapi lebih seru dari pukul-pukul pinata. Sisa acara dihabiskan dengan makan dan lari-lari kesana kemari. Gak usah dihibur lagi mereka sudah sibuk menghibur diri sendiri. Sampai-sampai photo booth yang sudah saya sediakan pun terlupakan, cuma orang besar saja yang masih menyempatkan foto-foto disini.

Kesimpulan saya dari menyiapkan ulang tahun anak-anak, kalau ingin sesuai tema banget dan pasti semua anak enjoy sepertinya undangan harus dibatasi. Bagi saya idealnya teman-teman dekat si anak saja. Lupakan undangan kita sebagai orangtua, yang ulang tahun kan anaknya. Seperti ulang tahun Aidan yang kali ini juga, saya menuruti rekues Aidan untuk mengundang teman-teman dekatnya yang laki-laki semua. Jadinya, anak-anak puas banget mainnya dan saya bisa punya budget lebih untuk menyiapkan goody bag yang keren, karena jumlahnya pun gak banyak. Beruntung lagi Rahmi juga senang sekali sama Star Wars, jadi emang tema-nya ‘dapet’ banget.


One Comment - Write a Comment

Post Comment