10 Makanan Penting Untuk Tubuh Perempuan

4. Makanan Kaya Zat Besi

Makanan zat besi bukan berarti seperti debus yang makan balok besi ya, Mommies. Hehehe… Zat besi penting sekali untuk perempuan terutama pada masa menstruasi atau haid, sebelum menopause, dan pada saat hamil serta bersalin.

Pada saat menstruasi, perempuan dapat kehilangan zat besi yang keluar bersama darah haid. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, sayuran seperti bayam dan kangkung, kismis, aprikot, tahu, telur, dan bit hijau.

Ternyata nih Mommies, perempuan memerlukan zat besi lebih tinggi loh bila dibandingkan pria. Jadi, penting sekali bukan zat besi ini untuk perempuan?

5. Air

Air ini penting untuk kelangsungan proses metabolisme dalam tubuh kita. Perempuan memerlukan metabolisme yang baik terutama untuk pencernaan, penurunan berat badan, dan kesehatan kulit yang berujung pada kecantikan. Jadi minumlah kira-kira 1.500 sampai 2.000 mililiter sehari ya.

Kebutuhan air juga tidak hanya dipenuhi dari minum air saja, tetapi juga dari makanan kita seperti kuah, buah, dan sayuran.

6. Cranberry

Mungkin buah ini tidak begitu terkenal ya di negeri kita. Salah satu jenis buah beri ini mengandung proantosianidin yang membantu mencegah bakteri untuk masuk dan bersarang ke dalam kandung kemih. Selain itu zat ini juga diduga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini menjadi penting karena risiko terjadinya infeksi saluran kemih jauh lebih tinggi pada perempuan jika dibandingkan pada pria.

7. Kacang-Kacangan

Kacang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung jika dibandingkan lemak jenuh. Kacang juga baik sekali karena memiliki kandungan berbagai zat gizi lainnya terutama protein nabatinya. Namun, hal yang berlebihan juga tidak baik bukan? Jadi makanlah maksimal 28 gram yang setara dengan 28 butir kacang biasa.

Selanjutnya: Kondisi hamil juga membuat perempuan butuh asupan yang berbeda >>