Miniapolis Ada Di Bandung!

Saya termasuk yang rewel soal kebersihan pada playground anak-anak. Bukannya takut anak kotor, Menik boleh banget main tanah di halaman depan rumah, kok, tapi kalau playground indoor yang dipakai bermain bersama terlihat kusam dan tidak terawat, kesannya seperti jadi rumah kuman, kan? Inilah mengapa saya sangat jarang (baru 3 kali ngajak Menik main di indoor playground selama di Bandung, ini juga dalam rangka nyobain main, bukan sengaja) karena terus terang ketiga playground yang pernah saya kunjungi semua kurang terawat. Lebih baik saya mengajak Menik bermain di taman kota yang sejak kepemimpinan walikota baru menjadi lebih terawat dan cukup untuk bisa jadi area bermain anak, ketimbang main di playground yang tidak dijaga kebersihannya.

Tapi akhirnya rasa sebal karena tidak ada playground yang bersih bisa dihilangkan, karena Miniapolis yang ada di Plaza Indonesia Jakarta, dan satu grup dengan Giggles yang ada di fX, yang punya standar kebersihan cukup baik menurut penilaian saya, akhirnya buka di Bandung, tepatnya di Paris Van Java (PVJ) Mall. Namanya Miniapolis Zone, yang memang lay out dan property-nya berbeda dengan tone playground yang ada di Jakarta.

Miniapolis Zone terletak di Sky Level, PVJ, atau satu bangunan dengan Starbucks, KFC, Kopitiam, dan Richeese. Sudah dibuka sejak tiga minggu lalu, tapi baru kemarin saya dan Menik bisa mampir dan main di sana. Kebetulan sudah punya member card yang dulu saya buat di Giggles fX, jadi saya bisa langsung dapat harga member. Kemarin, tidak terlalu banyak anak-anak yang bermain, hanya ada sekitar 4 orang. Tidak ada pembagian arena bermain, di Miniapolis Zone ada satu bangunan area bermain yang tersambung satu sama lain. Dari mulai kolam bola, perosotan spiral, perosotan biasa yang cukup tinggi, inflatable slide, dan bungee trampoline. Ada beberapa alat bermain tambahan seperti mobil-mobilan dan jungkat-jungkit plastik. Dengan janji tertulis dan pernah saya lihat sendiri, bahwa ada beberapa area yang rawan dengan kuman dan kotoran seperti area kolam bola, akan selalu dibersihkan setiap hari dengan cairan disinfektan, saya merasa nyaman membawa Menik bermain disini.


Berbeda dengan Miniapolis di Jakarta yang terbagi beberapa area, Miniapolis PVJ ini hanya ada satu area. Hmm, mungkin kalau mau dibagi bisa saja, sih. Bagian pertama adalah area inflatable slide, area kedua adalah bungee trampoline, dan area ketiga adalah playground itu sendiri. Nah, yang sama adalah aturan bermainnya, seperti harus memakai kaos kaki (biar irit, jangan lupa pendamping juga bawa kaos kaki dari rumah), one day pass-nya bisa dipakai keluar-masuk sesuka hati. Jadi boleh break dulu untuk makan di luar dulu, kemudian nanti masuk lagi. Kemarin saya ikut masuk mendampingi Menik bermain di dalam, tapi ternyata jika Mommies mau menitipkan pada penjaga di sana juga bisa. Waktu saya ke sana, ada satu penjaga yang telaten menjaga beberapa anak kecil (di bawah 4 tahun) untuk bermain bersama. Hmm, mungkin ini juga bisa berjalan karena pengunjungnya belum terlalu banyak. Entahlah jika seiring waktu jumlah pengunjungnya semakin bertambah, karena kemarin saya hanya melihat empat penjaga yang stand by disana.

Jadi tidak usah bingung lagi rasanya jika mencari indoor playground yang bersih dan aman. Harga tiketnya terlihat mahal ya? Tapi untuk harga tiket seharian, boleh main dari buka sampai tutup dan boleh keluar masuk, saya rasa cukup masuk akal. Kan biasanya kalo indoor playground di Bandung bayarnya per jam berkisar di Rp10.000-Rp15.000,- Jadi kalau dihitung, ya, sama saja. Kalau Mommies mampir ke Miniapolis di PVJ dan ikut mendampingi anaknya bermain, jangan lupa untuk ikutan main perosotan bersama si kecil di inflatable slide yang tinggi, ya! SERUUU! Kaos kaki dan baju ganti juga dibawa, simpan air minum di dekat tempat duduk penjaga, pastikan anak bermain bukan di waktu tidur, dan tentunya tidak melewatkan jam makan hanya karena terlalu asyik bermain.

Selamat bermain!


Post Comment