Healthy Mushroom Cream Soup

Sup adalah makanan yang terbuat dari campuran bahan-bahan seperti sayuran, buah, atau daging, ditambah dengan air kaldu, jus, air, atau bahan cair yang lain, sehingga makanan ini mempunyai bentuk cair atau berkuah. Sup ayam merupakan makanan favorit untuk menghangatkan badan dikala badan kita terasa kurang sehat. Sup krim agak berbeda dengan sup biasa karena mempunyai tekstur lebih kental. Kekentalan ini karena adanya kandungan pati dan krim (mengandung lemak susu). Sup krim biasanya dibuat menggunakan tepung kentang (potato flour) atau pati jagung (corn starch), dan susu full cream.  Resep kali ini kita ganti sumber tepung dan krimnya menggunakan bahan-bahan yang sehat yaitu jamur, minyak zaitun, dan susu rendah lemak.

Jamur telah digunakan beribu tahun sebagai makanan dan obat alami. Penelitian menunjukkan jamur bisa meningkatkan produksi dan aktifitas sel darah putih. Beberapa manfaat jamur antara lain yaitu:

  • Jamur mengandung 80-90% air dan sangat sedikit kandungan sodium dan lemaknya. Jumlah kalori jamur termasuk rendah. Selain itu jamur mengandung sekitar 8-10% serat. Oleh karena itu jamur adalah salah satu pilihan yang baik untuk yang sedang mengikuti program pengontrolan berat badan.
  • Jamur kaya akan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko stroke. Satu jamur kancing (champignon) ukuran sedang mengandung lebih banyak kalium dibanding sebuah pisang atau segelas jus jeruk.
  • Jamur mengandung riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3). Niasin dapat membantu menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.
  • Kandungan selenium pada jamur berfungsi bersama dengan vitamin E sebagai antioksidan. Selain itu selenium membantu mencegah kanker prostat.
  • Jamur kancing mengandung komponen yang berfungsi menghambat aktifitas aromatase (enzim yang terlibat dalam produksi estrogen) dan menghambat aktifitas 5-alpha-reductase (enzim yang berfungsi mengubah testoteron menjadi DHT; DHT adalah salah satu penyebab kebotakan pada pria). Peran ini yang menunjukkan jamur bisa mengurangi resiko kanker payudara dan kanker prostat. Ekstrak jamur kancing mengurangi perbanyakan sel dan memperkecil ukuran tumor.
  • Di China dan Jepang, jamur shiitake telah digunakan berabad-abad untuk mengatasi demam dan flu. Senyawa lentinan yang diisolasi dari batang jamur shiitake dinyatakan menstimulasi system kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan menunjukkan aktifitas antitumor.

Bahan:

2 sdm minyak zaitun

50 g bawang Bombay (cincang)

2 siung bawang putih (potong-potong)

250 g jamur champignon/kancing (potong dua)

200 ml air

½ sdt bumbu kaldu

200 ml susu rendah lemak

1/4 sdt bubuk pala

Bahan isian:

2 lembar roti gandum kering (bentuk dadu), lihat cara pembuatannya pada artikel YoFast.

Daun seledri secukupnya untuk taburan (potong halus)

Cara membuat:

  1. Gunakan wajan, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga layu.
  2. Masukkan jamur, air, dan bumbu kaldu, kemudian masak sebentar hingga layu.
  3. Angkat. Dinginkan sebentar dan masukkan dalam mangkuk blender. Proses hingga halus.
  4. Masukkan lagi kedalam wajan. Tambahkan susu dan bubuk pala. Aduk-aduk sebentar sampai mendidih.
  5. Angkat. Taburkan potongan roti gandum  kering dan daun seledri. Sajikan hangat.

Nilai gizi per porsi

Kalori: 155 kkal

Lemak: 3.2 g

Karbohidrat: 21.6 g

Serat: 3.7 g

Protein: 10.3 g

Untuk 2 porsi

Kiat dan saran:

  1. Tambahkan saus tomat atau potongan tomat untuk menambah citarasa dan nilai gizi sup krim.
  2. Penambahan whey protein bisa menambah citarasa dan kandungan protein sup krim.
  3. Pilihan bahan isian yang lain yaitu potongan daging ayam tanpa kulit, telur rebus, sosis, bakso, tahu, tempe, atau sayuran hijau.

Arief T Nur Gomo, STP, MSi adalah seorang food scientist, konsultan bisnis makanan, healthy chef, pengajar materi gizi di Jakarta Culinary Center, sertafounder dari Healthy Bites. Mau tahu lebih jauh? Silakan lihat http://arieftng.blogspot.com atau follow @arieftng.


Post Comment