Wednesday Wishlist: All New Ford EcoSport!

Minggu lalu, saya diundang oleh Ford untuk mengikuti All New EcoSport ASEAN Drive, di Hua Hin, Thailand. EcoSport merupakan urban SUV keluaran Ford yang terbaru. Di Indonesia sendiri, EcoSport masih dalam proses indent. Jadi, saya mendapat privillege untuk mencobanya duluan, nih!

Berbeda dengan EcoBoost di mana saya mengikuti ASEAN drive-nya di bulan November dan mampu mengubah persepsi saya dalam mengendarai mobil, saat pertama kali melihat EcoSport saya langsung jatuh cinta! Apa lagi kalau bukan karena bentuk fisiknya yang kokoh namun compact, sehingga mudah dikendarai di dalam kota.

Selain kelincahannya di dalam kota, banyak lagi yang bisa diunggulkan dari EcoSport:

  • Fitur keselamatan yang lengkap.

Kalau seatbelt, airbags memang sudah pasti dimiliki oleh semua mobil, ya. Tapi di EcoSport ada Electronic Stability Progaram di mana sistem ini membantu pengemudi menjaga stabilitas saat berkendara di jalanan yang licin. Ada pula Hill Launch Assist yang membantu pengemudi saat berada di jalan tanjakan atau turunan. Sudah lazim deh, saat kita berada di turunan atau tanjakan, pasti ada momentum di mana mobil bergerak mundur atau maju saat kita berpindah dari gas ke rem. Nah, fitur ini membantu menghentikan mobil sekitar 3 detik sebelum kita menginjak rem.

  • Mampu melintasi air!

Ya bukan berarti mobil ini bisa jalan di dalam sungai, ya. Hehe. Siapa yang pernah mengalami mobil mogok akibat melewati genangan air? Atau nggak bisa beraktivitas karena genangan air di mana-mana? EcoSport mampu melewati air dengan kedalaman hingga 550mm. Jadi, kalau di Twitter ada berita genangan air setinggi 20-30cm, kita nggak usah khawatir, dong, ya!

Selain itu, EcoSport memiliki ground clearance hingga 200mm, jadi Mommies nggak usah khawatir mobil mentok jika melewati undakan/ polisi tidur. Kami sempat mencoba melewati pembatas jalan, dan aman!

  • Banyak tempat penyimpanan :D

Ini penting banget buat pengemudi! Apalagi driving mom seperti saya. Pasti deh, di dalam mobil Mommies banyak banget barang berserakan. Mulai dari kebutuhan kerja, sampai sepatu anak, mainannya, jepit rambut, tempat minum, dan seterusnya *apa ini saya saja?*.

Nah, EcoSport memiliki hingga 21 tempat penyimpanan termasuk laci di bawah jok penumpang depan daaaaan… glove box yang nyambung dengan AC mobil, sehingga minuman yang kita simpan di sana tetap dingin!

Untuk SUV compact, EcoSport memiliki bagasi cukup luas. Bahkan kami sempat diminta melakukan tantangan memasukkan mock up mesin cuci ke dalam bagasi, dan muat! Batang rel atap mobil ini juga bisa mengangkut barang hingga 20kg. Duh, pas banget nih, buat yang senang road trip seperti keluarga saya *loh, kode banget ke suami, haha*.

  • Mobil pintar

Ya, saya selalu mengasosiasikan mobil Ford sebagai mobil pintar. Gimana nggak, di dalamnya serba otomatis. Mulai dari smart keyless entry, di mana kita nggak perlu mengeluarkan kunci mobil saat mau masuk ke dalam mobil. Sensor otomatisnya akan bekerja bahkan saat kunci berada dalam tas. Jadi nih, kalau skenarionya Mommies menggandeng anak, dan tangan sebelah membawa belanjaan, Mommies nggak perlu bingung, selama kunci berada dalam tas, pintu akan tetap terbuka.

Nggak hanya itu kepintarannya, tapi juga ada rain sensing wiper plus AC yang menyesuaikan dengan cuaca di luar. Fitur SYNC dan voice command sih, sudah pasti ada, ya di EcoSport.

Satu lagi kepintaran mobil ini, ketika kita menutup jendela rapat-rapat, maka di dalam mobil jadi senyap lho! Bisa memaksimalkan waktu di jalan sambil ngobrol deh, sama suami saat terjebak macet :) Ini terbukti waktu kami melewati sebuah jalan kecil di Hua Hin, pinggir kanan kirinya pemukiman padat dan banyak cafe (saya menyamakan dengan daerah Kuta, Bali), tapi saya dan rekan dari majalah High End Teen, tetap bisa mengobrol dengan nyaman.

Jadi, apakah road trip saya dan keluarga berikutnya sudah bisa mengendarai EcoSport? Mana aminnya, buibuuu…? :D

 

 


Post Comment