Belanja Sambil Beramal di Bulir Padi

Berbelanja sambil beramal. Mungkin hal ini sudah lumrah dan sering kita dengar, ya. Bahkan saya yakin banyak di antara Mommies yang pernah mengikuti program penggalangan dana seperti ini. Toh, memang caranya bisa dilakukan dengan banyak cara.

Sebagai contoh, belum lama ini akun Instagram saya dipenuhi dengan foto para online shop yang mengadakan charity untuk korban bencana Gunung Kelud. Beberapa waktu lalu juga saya sempat diajak teman-teman blogger untuk ikut berpartsipasi dalam acara blog sale for charity. Jadi terbukti, ya, nggak selamanya online store jadi ‘racun’, hehehhe. Buktinya online store ini bisa kita manfaatkan ternyata sebagai sarana fundraising alias penggalangan dana.

Tapi seingat saya, belum ada online shop yang memang 100% mendukung penggalanan dana. Maksudnya, semua hasil penjualan akan digunakan sepenuhnya untuk menggalang dana. Sampai akhirnya beberapa waktu lalu, saya bertemu teman sesama jurnalis yang bercerita kalau saat ini dirinya senang hunting fashion items di Bulir Padi Shop.

“Dis, sudah pernah belanja di Bulir Padi Store belum?”

“Bulir Padi? Nggak pernah. Malah baru denger, nih. Eh bukannya Bulir Padi itu, semacam yayasan swadaya masyarakat, yah?”

Percakapan kami pun kian mengalir, sampai akhirnya saya tau kalau saat ini Yayasan Bulir Padi meluncurkan “Bulir Padi Shop for School”, sebuah online store untuk amal. Nggak tanggung-tanggung, lho, tenyata 100% hasil penjualan barang-barang yang ada di online store ini akan digunakan oleh yayasan untuk membiayai beasiswa pendidikan bagi anak-anak dari keluarga pra sejahtera. Rupanya gagasan dibuat online store ini sebagai upaya penggalangan dana proaktif guna mendukung kegiatan fundraising kegiatan sosial Bulir Padi.

Hingga saat ini, situs yang dapat diakses langsung di www.bulirpadi.com/store menjual lebih dari 100 produk fashion items, mulai dari main street sampai high street fashion brands. Sebut saja, deh, tas Coach, Balenciaga, Tod’s atau Yves Saint Laurent. Itu baru deretan brand untuk produk tas, masih banyak produk lain yang bisa di dapatkan dengan harga yang cukup miring. Rupanya barang-barang preloved para donator yang tentunya masih dalam kondisi layak pakai. Selain itu ada produk yang baru juga, lho!

Lewat teman saya ini saya juga jadi tau kalau program Bulir Padi Shop for School merupakan kelanjutan dari program Bags for School, kegiatan fundraising Bulir Padi dengan bentuk bazaar amal tahunan yang diselenggarakan sejak 2010. Program beasiswa pendidikan Bulir Padi bertujuan agar anak-anak, khususnya binaan Bulir Padi tidak putus sekolah. Program ini juga berfokus ke para single mothers yang berkendala secara finansial untuk menghidupi keluarga dan membayar biaya sekolah anak menggunakan penghasilan dari sektor informal.

Sejak tahun didirikan tahun 2002 silam, Bulir Padi telah memberikan lebih dari 500 beasiswa, dan sampai sekarang lembaga yang concern membantu anak-anak kurang mampu ini terus berupaya memberikan beasiswa pada mereka. Yah, biar bagaimana pun pendidikan yang layak dan pendidikan jadi salah satu kunci dari upaya peningkatan kualitas hidup. Bukan begitu, Mommies?

 


Post Comment