Nutrisi Kehamilan

Pada masa kehamilan, ibu hamil sangat perlu asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi. Ada baiknya ibu memilih makanan yang sehat dan mengandung keragaman zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin dan mineral. Bila ibu hamil kekurangan zat gizi, dikhawatirkan menimbulkan risiko terganggunya tumbuh kembang janin. Berikut ini beberapa makanan yang dapat memberikan ibu hamil asupan gizi.

  • Karbohidrat untuk ibu hamil

Sumber karbohidrat untuk ibu dapat berasal dari  roti, oatmeal, nasi, atau berbagai pangan lain yang sejenis.

  • Sumber protein untuk ibu hamil

Beberapa sumber protein yang dapat ibu hamil konsumsi misalnya ikan atau seafood matang, hati, ayam, daging sapi, daging kambing, tahu, kacang-kacangan atau biji-bijian seperti kacang tanah, kacang panjang, dan sebagainya. Protein sangat baik untuk mendukung pertumbuhan jaringan janin, termasuk otaknya dan bagi ibu hamil protein dapat membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim semasa kehamilan serta berperan meningkatkan persediaan darah.

  • Sumber kalsium untuk ibu hamil

Beberapa sumber kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi seperti keju, susu, yogurt dan tahu. Saat Ibu mengkonsumsi susu, sebaiknya pastikan kandungannya telah dilengkapi atau difortifikasi dengan vitamin A dan vitamin D.

  • Sumber vitamin dan mineral untuk ibu hamil

Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan bagi ibu hamil, misalnya zat besi, vitamin A, kalium dan natrium.

 

Sumber: mayoclinic 1 dan 2, everydayhealth, webmd