Membahas Potty Training di #MDLunch

Siapa di antara Mommies yang aktif di forum Female Daily? Lebih khususnya lagi, sih, thread yang berhubungan dengan Mommies Daily seperti pregnancy, trying to conceive, atau meal time? Buat Mommies yang aktif di forum, sekarang ini Mommies Daily punya acara bulanan #MDlunch lho! Ajang kopdar sesama Mommies yang aktif di forum.

Asyiknya lagi,#MDlunch ini nggak cuma sekedar ajang kumpul-kumpul biasa. Soalnya selalu ada topik yang kita yang highlight bersama narasumber yang memang ahli di bidangnya. Misalnya di #MDlunch perdana yang diadakan bulan Februari lalu menggandeng Mbak Irma Gustiana, psikolog keluarga yang aktif di forum juga. Kali ini tema yang diangkat masalah potty training.

Setelah ngobrol bareng Mbak Irma, saya baru tau kalau masalah potty traning begitu kompleks. Soalnya potty training ternyata sangat berhubungan dengan pengendalian emosi anak di mana permasalahannya akan terlihat mulai anak sekolah di kelas 3 atau 4 SD. Salah satunya, bisa menyebabkan anak jadi kurang konsentrasi. Potty training bukan sekedar urusan mengajarkan anak untuk BAK atau BAB sendiri saja, tapi sangat luas!

*Kiri ke kanan: Friska (nengapril), Riana (50ull), Irma Gustiana (Irma Gustiana), Sarah (Sarskyrs), Tiara (Teea85),

Adis (Adiesty), Lita (nenglita)

Menurut Mbak Irma, usia yang paling ideal untuk memulai potty training saat anak berusia 2-3 tahun. Di usia ini anak sudah bisa mengungkapkan keinginan dan fisiknya sudah terkordinasi. Maksudnya terkordinasi, anak sudah bisa merasakan saat otot-otot sudah bekerja sesuai fungsinya ketika ingin ‘ke belakang’. Lagipula, di usia ini anak-anak tentu sudah lebih paham dengan instruksi kita, bukan?

Lebih lanjut, Mbak Irma menjelaskan kalau potty training baru dimulai di atas usia 3 tahun, anak sudah bisa membantah. Otomatis hal ini berpengaruh pada prosesnya belajarnya. Belum lagi jika anak masih terbiasa menggunakan pospak sehingga membuat mereka masih berada di zona nyaman. Sedangkan jika potty training diajarkan terlalu dini, anak juga belum bisa mengontrol fisiknya secara maksimal. Waktu itu sempat ada Mommies yang bertanya, apakah saat anak mulai mojok dan mulai jongkok merupakan tanda-tanda kalau anak siap untuk potty training? Ternyata, Mbak Irma bilang itu memang salah satu tanda fisik kalau anak sudah siap untuk diajarkan.

Mbak Irma juga berpesan, saat mememulai potty training jangan sampai dilakukan pada saat yang bersamaan dengan menyapih anak, ya, Mommies. Soalnya, anak bisa stres. Dua hal ini merupakan perubahan besar dalam hidup mereka, lho! Jadi sebaiknya pilih salah satu lebih dulu, di mana proses mengajarkan anak ini biasanya membutuhkan proses yang nggak singkat. Kira-kira butuh waktu 3 bulanlah.

Biar bagaimana pun, memulai potty training ini, kita sebagai orangtua harus lebih proaktif. Plus, nggak boleh malas! Kenapa saya bilang malas? Karena proses potty training ini kita juga dituntut harus lebih sabar! Apalagi saat malam hari harus siap melepas anak dari pospak sehingga harus bangun dini hari untuk mengantar anak ke kamar mandi.  Dari pengalaman pribadi, awalnya sih memang rada berat, ya, tapi demi Bumi lulus masa ini, ya, mau nggak mau harus dilakukan. Bahkan waktu itu saya sampai menjadwalkan alarm jam 2 pagi. Caranya, mirip dengan apa yang dilakukan Manda saat mengajarkan Igo. Buat Mommies yang mau diskusi soal potty training, langsung saja ke thread ini, yah!

Banyak sekali insight yang bisa saya dapatkan lewat ajang kopdar #MDlunch ini. Apalagi, waktu itu saya dan Mommies yang hadir bisa curhat dan konsultasi langsung dengan Mbak Irma. Wah, seru banget, deh! Ditambah dengan dengan hidangan untuk santap siang, steak spesial dari Steak Hotel by Holycow #TKPbenhil. Wih, benar-benar nikmat, deh! Sebagai penikmat steak, saya memang suka sekali dengan steak Holycow karena rasanya sangat juicy dan lembut. Saya juga senang nih, sama lokasi #TKPbenhill, gampang banget dicari dan dekat ke mana-mana, makanya siang itu member yang hadir juga ada yang ‘ngabur’ pas jam makan siang dari kantornya :D

 

Buat Mommies yang mau ikutan ajang kopdar #MDlunch kesempatannya sangat terbuka, lho! Soalnya ajang kopdar ini akan diadakan secara rutin setiap bulan dengan tema yang berbeda berdasarkan dari thread yang paling hot di forum. Duh, sudah nggak sabar mau ikutan #MDLunch bulan Maret ini! Tema untuk #MDlunch di tanggal 27 Maret 2014 adalah MPASI. Jadi kita bakal ngobrolin masalah MPASI dari A-Z! Member yang datang, diundang berdasarkan keaktifan mereka di forum terkait. Kenapa begitu? Karena mereka yang aktif di forum terkait, sudah pasti membutuhkan infonya lebih banyak, kan. Mommies mau ikutan? Yuk, ikuti diskusi tentang MPASI di forum dulu :)

 


5 Comments - Write a Comment

  1. Waahhh, baru baca..perut gw gendut bener ya Hahaha #salah fokus

    Makasih ya MD udah ngundang gw, jadi bisa buru-buru menuntaskan potty training Maliq (3,5thn) waktu tidur malem, udah telat sebenernya. Kalo pas siang sih udah selesai. Abis Maliq kelar, nanti adeknya Omar(2thn). Jadi kapan ya gw bisa tidur nyenyak tanpa bangun-bangun lagi? Hihihi

Post Comment