Fun Learning with the Dinosaurs

Akhir Januari lalu, saya mengajak bocah kesayangan yang juga penggemar Dinosaurus melihat pameran di Art Science Museum -nya Marina Bay Sands, Singapura.

Begitu melihat poster pameran Dawn to Extinction yang bergambar dinosaurus di dalam The Shoppe, mal-nya MBS, anak saya yang berusia 5 tahun langsung bersemangat sekali. Apalagi ini kali pertamanya kami bertandang ke Art Science Museum-nya MBS yang bangunan uniknya seperti bunga putih mekar raksasa sangat menarik perhatian.

Pameran ini terletak di basement ruangan museum. Begitu memasuki area pameran, kami dibuat terpaku melihat sosok menyeramkan yang terlihat sangat hidup dari Herrerasaurus. Herrerasaurus ini adalah kadal dari jaman pre-historic yang dinamakan seperti nama cowboy yang memandu para arkeologis ke tempat fosil ini ditemukan. Langsung deh saya bersyukur hidup di zaman sekarang yang kadalnya kecil-kecil hehehe sementara si bocah sibuk mengamati sembari terkagum-kagum.

Pameran ini mengetengahkan sejarah dari mulai jaman sebelum dinosaurus merajai hingga kepunahan mereka. Menarik sekali. Medianya pun macam-macam dari mulai replika, fosil asli, audio visual, dan hands-on learning dan games untuk anak-anak yang membuat mereka semakin semangat ingin tahu mengenai topik yang disajikan.

Yang menarik dari pameran ini, konon pihak MBS sendiri yang menjadi kurator pamerannya dibantu para ahli dan ilmuwan. Pameran ini memadukan juga materi dari beberapa museum ternama termasuk American History & Natural Science, yang dengan kata lain, pameran ini satu-satunya dan unik seantero dunia.

Di pameran ini saya jadi tahu mengenai apa sih makna mempunya cangkang, lalu tangan dan kaki hingga pengelihatan terhadap organisme awal di masa milyaran tahun silam.

Konon asal muasal predator adalah ketika organisme yang hidup di air ini mulai memiliki mata. Ketika mereka berevolusi mulai memiliki tangan dan kaki (limbs), organisme ini mulai beranjak ke darat dari perairan. Lalu setelah ada predator, mulai berkembanglah cangkang (shell) sebagai pertahanan terhadap predator.

Lalu fakta yang diketengahkan dengan menarik dalam bentuk simulasi video atau instruksi yang interaktif, saya jadi ingat bahwa T-rex buatan Hollywood di Jurrasic Park jalannya terlalu cepat karena konon, untuk hewan seberat itu mereka cenderung berjalan dengan kaki lurus seperti gajah untuk menghemat energi.

Ah, intinya seru pameran ini. Bukan hanya untuk bocah saja, tapi saya juga senang dan puas karena mendapat banyak informasi menarik, little fun facts, yang menarik juga kalau tahu.

Tapi hati-hati ya Ibu-Ibu, pameran ini akan berakhir di toko eksklusif yang menjual merchandise serta souvenir Dawn to Extinction. Nah… astaga… saya saja yang bukan penggemar Dinosaurus ikutan kalap. Lucu-lucu banget mainan, dan barang-barang yang dijual di situ dari mulai tas, kaos, mainan, buku-buku(!!!), dan pernak pernik unik lainnya.

Pojok souvenir bikin kalap!

Sedikit kiat untuk Mommies, dan untungnya dari awal pameran, Rafe, anak saya, sudah saya janjikan hanya bisa membeli satu barang di bawah SGD20 hehehe… walaupun jujur ya, yang susah itu justru saya menahan keinginan belanja pernak-pernik sabun kecil yang wanginya enak berbentuk dinosaurus, hahaha…
Akhirnya Rafe memutuskan membeli sumpit anak Triceraptops.

Jadi sebaiknya dari sebelum masuk pameran, janjikan apa yang boleh dibeli atau kalau tidak, saat melewati keluar dari toko souvenir, alihkan perhatian mereka ke workshop gratis (wajib ikutan!) dari Canon membuat dinosaurus sendiri di dekat lift.

Rafe senang banget bikin dinosaurus dibantu kakak dari Canon

Kiat lainnya, kalau datang siang hari ke pameran ini, setelah pameran bisa mengajak anak-anak mencoba playground gratis yang baru di Children Garden, Garden by The Bay yang lokasinya cukup dekat dari MBS. Oh ya, playground ini tutup hari Senin ya. Atau kalau berkunjung mendekati jam tutup, jam 7 malam bisa disambung menonton pertunjukan gratis laser dan air mancur di plaza luar MBS yang menghadap ke Merlion.

Pameran ini berlangsung sampai dengan Juni 2104, buka setiap hari di Art Science Museum, Marina Bay Sands, dari jam 10 pagi s.d. 6.30 sore. Tiketnya seharga SGD 28 untuk dewasa dan SGD 14 untuk anak sampai 12 tahun dan SGD 21 untuk 60 tahun ke atas.

Selamat belajar sejarah sambil bersenang-senang!


One Comment - Write a Comment

Post Comment