Permainan Imajinasi Favorit

Hampir setiap hari Humaidah (2 tahun 8 bulan) bermain khayalan atau permainan imajinasi. Mungkin permainan peran ini bisa dibilang jadi mainan wajib anak-anak seusianya, ya.  Menurut Humaidah, sih, ia punya teman khayalan. Yang jelas, menurut pandangan saya, anak yang senang main peran dan punya imajinasi itu memiliki kecerdasan yang tinggi, *amiin.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan anak saat bermain imajinasi atau bermain peran.

  • merupakan sensory activity yang melibatkan seluruh panca indera anak
  • melatih motorik halus dan motorik kasar anak
  • membantu anak mengembangkan imajinasinya,
  • bisa membantu anak mengatasi masalah,
  • mengekspresikan diri atau perasaannya,
  • menyalurkan minat
  • meniru / imitasi adegan yang ia lihat dalam kehidupan nyata
  • membangun rasa percaya diri
  • membentuk karakter
  • secara keseluruhan, aktivitas ini bermanfaat untuk perkembangan otak dan fisiknya

Sekarang, saya  mau share apa saja permainan imajinasi yang sering dilakukan Humaidah. Siapa tau saja, Mommies juga mau mengajak si kecil di rumah.

  1. Bermain Playdoh Syukurlah permainan murah meriah ini jadi favorit utama Humaidah, ia senang membuat beragam jenis makanan (pastel, cupcake, eskrim, spageti, atau kue ulang tahun), selain itu puteri kecil saya juga suka membuat orang-orangan. Lewat kegiatan meremas adonan ini sangat baik untuk motorik halusnya.
  2. Bermain boneka, anak perempuan seperti Humaidah biasanya senang bermain boneka. Ia akan berperan menjadi “mama” atau “kakak”. Dengan cara ini, anak pun bisa belajar berkomunikasi dengan bonekanya, selain itu ia juga bisa belajar menyusun cerita seperti kehidupan nyatanya. Misalnya, bonekanya mau makan, bonekanya sakit, diajak jalan-jalan ke mall atau supermarket pakai stroller, mandi, ganti pampers, atau nonton bareng.
  3. Bermain masak-masakan, ketika bermain masak-masakan Humaidah akan melayani boneka atau Aba-Umi nya seperti di restoran, bertanya pesanan lalu menyajikannya di atas piring, lalu mengantarnya dengan nampan.
  4. Bermain mobil-mobilan, mobil Humaidah adalah keranjang pakaian. Humaidah akan susun boneka-bonekanya lalu ia menyetir di bagian paling depan.
  5. Bermain dokter-dokteran, Humaidah senang memeriksa bonekanya ibarat pasiennya. Bahkan, kadang-kadang saya dan Abanya juga ikut diperiksa, diusap-usap dan diberi obat. Mudah-mudahan saja, saat besar nanti Humaidah bisa jadi dokter sungguhan, yah.
  6. Bermain gadget-gadgetan, Humaidah akan beraksi seperti sedang menelpon atau mengoperasikan semua gadget mainannya seperti sungguhan.
  7. Bermain pesta ulangtahun, awalnya Saya ajak Humaidah bermain pesata ulangtahun bersama boneka-bonekanya, memotong kue ulangtahun dari kayu, dan seringkali Aba dan Umi diajak ikut bermain dan menjadikan mainan lainnya sebagai kado ulangtahun.
  8. Bermain sekolah-sekolahan, Humaidah akan berperan sebagai guru dan menyusun boneka-bonekanya rapi untuk menjadi muridnya. Sesekali menjadi murid dan meminta Saya untuk berdiri menjadi ibu guru.
  9. Bermain balok kayu, kalau untuk mainan dari kayu, saya pilih dulu memilihkan bahan kayu yang aman. Beragam jenis bangunan, berhasil Humaidah buat dan dilaporkan kepada saya.
  10. Bermain setrika-setrikaan, Humaidah suka menyetrika baju boneka-bonekanya. Tidak jarang, ketika saya merapikan pakaian kering, ia akan minta satu baju untuk ia setrika sendiri dan langsung dimasukkan ke lemari.
  11. Bermain selendang, dari selembar selendang saja bisa menjadi banyak permainan lho. Humaidah pernah meminta saya untuk menutup area bermainnya dengan selendang, maka jadilah bermain rumah-rumahan. Selain itu Humaidah juga senang sekali dipakaikan kerudung, menggendong boneka dengan selendang, dan meyulap selendang jadi sayap kupu-kupu.
  12. Mendongeng, menggambar, dan mewarnai, Humaidah tertarik kalau dibacakan cerita. Dia juga sudah mulai sering ikut bercerita kepada siapa saja. Kalau soal menggambar dan mewarnai, hasilnya selalu mengagumkan lho…
  13. Bermain Make-Over, Humaidah suka menirukan berdandan di depan kaca, memakai lipstick, bedak, blushon, eyeshadow, eyeliner, dia hafal semua nama-namanya. Saya suka memakaikan segala jenis aksesoris
  14. Bersih-bersih rumah, Humaidah suka pura-pura menyapu lantai menggunakan apa saja yang ia pegang, menggunakan kertas, buku, kain, atau tisu. Saya juga suka minta Humaidah untuk  membersihkan mainan-mainannya dengan tisu basah. Setiap pagi bangun tidur ia selalu bernyanyi ‘bangun tidur’ dan ikut membantu Saya merapikan tempat tidur.
  15. Bermain Princess, Humaidah paling suka kalau saya pakaikan baju dress, ia akan berputar-putar dan bilang, “princess ya Mi…”. Saya membuatkan Humaidah mahkota dan perhiasan princess. Kalung-kalung yang saya buatkan disimpan rapi oleh Humaidah, dan selalu ia pakai bermain. Senangnya…

Masih banyak permainan imajinasi yang dilakukan Humaidah, namun 15 di atas yang jadi favoritnya sampai saat ini. Kalau anak Mommies yang lain bagaimana?

Vivi Nafisah adalah blogger untuk anakjempolan.com. Situs anakjempolan.com berisi ide-ide permainan untuk anak, khususnya balita. Permainan yang ada disini telah dipraktikkan bersama anaknya yang berusia 2, 5 tahun. Dilengkapi dengan foto dokumentasi dan tutorial yang menarik. Ide berasal dari kreativitas pribadi, internet, buku, teman, dll.

 


Post Comment