Aktivitas Seru Saat Hujan Turun

Mommies, beberapa minggu terakhir hujan terus-menerus turun, bukan? Setahu saya tidak hanya di Jakarta, tapi di kota-kota lain. Jika biasanya di pagi dan sore hari saya bisa mengajak anak beraktivitas di luar rumah, maka kini kami lebih sering harus berkegiatan di dalam rumah saja. Meskipun ‘terkurung’ di dalam rumah, anak-anak (dan juga kita) tetap bisa bersenang-senang, lho. Bagaimana jika Mommies mencoba beberapa pilihan kegiatan untuk indoor time selama hari hujan ini?

 

  • Pretend play

Atau menciptakan skenario pura-pura, seperti mengadakan “tea party” bersama anak. Ajak anak mengenakan pakaian pesta, siapkan meja kecilnya dengan taplak cantik, peralatan keramik untuk minum teh, dan mulai berpura-pura bersikap formil seperti sedang minum teh dengan putri atau pangeran cilik. Mommies bisa menyiapkan menu cemilan sederhana untuk melengkapi acara minum teh ini, seperti kue bolu, cookies, atau sandwich mini. Anak juga dapat menyusun daftar tamunya sendiri, yang mungkin akan terdiri dari boneka beruang, atau koleksi Barbie-nya.

Mommies juga bisa mengajak anak memilih aksesori seperti scarf, topi, dasi, kacamata, atau perhiasan (plastik, mungkin) untuk dipinjam. Dari situ, ajak dia membayangkan tema cerita atau tempat dari suatu skenario khayalan. Saat skenario ciptaannya sedang berjalan dengan seru, Mommies bisa merekamnya untuk kenang-kenangan.

 

  • Membuat perburuan harta karun di dalam rumah.

Mommies bisa membuat peta harta karun sederhana berikut petunjuk-petunjuk yang tersebar di penjuru rumah. Gunakan kesempatan ini untuk mengajak anak belajar, seperti menemukan benda-benda dengan bentuk tertentu, berhitung, atau mengenal warna. Hadiahnya dapat berupa benda sederhana seperti sebatang coklat, atau mainan.

  • Berkemah di dalam rumah.

Anak saya suka sekali berpura-pura berkemah. Gunakan tenda kecil jika Mommies punya, namun kalau tidak, ciptakan tenda dengan seprai yang diuraikan di atas sofa, atau dikaitkan ke tiang-tiang penyangga dadakan yang ada di dalam rumah. Isi ‘tenda’ dapat dibuat nyaman dengan menggelar karpet kecil, menaruh bantal-bantal, boneka-boneka, juga cemilan untuk dinikmati si kecil di dalam tenda.

  • Get creative!

Manfaatkan sore hari berhujan sebagai sesi kreatif dengan anak di rumah. Mommies bisa mengajak anak bermain lego, mengecat piring plastik, mengajarinya origami, membuat alat musik dari benda-benda di dalam rumah (yang tidak merugikan jika rusak, tentunya), membuat kukis, menari mengikuti irama lagu atau meniru dance routine untuk anak-anak dari Youtube, maupun membuat lukisan hidup. Apakah itu? Mommies bisa mengajak anak berbaring di atas kertas karton besar, lalu menggambar cetakan tubuhnya. Dari situ, Mommies bisa melukis dengan cat akrilik atau crayon, serta menggunakan potongan bahan atau kertas kado, untuk menghias cetakan gambar anak.

Bumy di Rimba Baca

Jika Mommies ingin mengajak anak berkegiatan di luar rumah meskipun sedang hujan, beberapa hal ini mungkin bisa menjadi pilihan:

  • Mengajak anak ke bioskop menonton film anak-anak.
  • Ke museum, atau perpustakaan untuk anak seperti Rimba Baca.
  • Berjalan-jalan dalam hujan. Gunakan jas hujan dan sepatu bot, lalu berjalan-jalan di sekitar rumah. Anak-anak akan sangat menyukai membuat cipratan dari genangan air atau perang dengan pistol air. Sesudahnya Mommies bisa mengajak anak menikmati minuman panas.
  • Berolahraga indoor, seperti berenang di kolam renang indoor, bowling, atau menciptakan arena mini golf di dalam rumah.

Semoga tidak ada lagi kebetean saat hujan turun sepanjang hari, Mommies. Seperti stiker di buku-buku tulis kita saat masih sekolah dulu: Hujan bukan halangan. Dalam hal ini, bukan halangan untuk fun quality time bersama anak :).


Post Comment